Friday, January 24, 2014

Sofjan Wanandi: Banjir Bikin Investor Takut Investasi di Indonesia



Jakarta -Bencana banjir telah melumpuhkan sejumlah kawasan di Indonesia termasuk di Pantai Utara Jawa (Pantura). Para investor menjadi berpikir ulang untuk berinvestasi di Indonesia.

“Belum pernah kita selama ini kita menghadapi banjir seperti ini. Hampir di semua daerah. Luar negeri itu merasakan ini bukan negara yang aman untuk berinvestasi. Jadi mereka takut investasi di Indonesia,” kata Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi di kantor Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (24/1/2014).


Sofjan mengatakan, persoalan ini harus segera diatasi, perbaikan infrastruktur harus segera ditangani. Sehingga masalah banjir ke depannya bisa dicegah atau dikurangi.


Dari sisi kerugian pengusaha, Sofjan mengatakan telah mengalami kerugian yang terus meningkat. Saat ini diperkirakan kerugian pengusaha akibat banjir yang melanda sejumlah kawasan senilai Rp 200 miliar per hari.


“Kerugiannya terus naik, saya kira jadi Rp 200 miliar per hari,” tambahnya.


Kerugian tersebut disebabkan karena sistem logistik yang terhambat. Banyak angkutan truk di Pantura tak bergerak menyebabkan beberapa perusahaan yang mengirim barang terlambat dan kena penalti dari klien.


“Logistik tambah parah, Pantura macet di mana-mana. Kapal tidak datang pada waktunya, kita kena penalti,” kata Sofjan.



(zul/hen)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Sofjan Wanandi: Banjir Bikin Investor Takut Investasi di Indonesia

No comments:

Post a Comment