Thursday, January 23, 2014

MS Hidayat: Banjir Bikin Industri Rugi Rp 100 Miliar/Hari



Jakarta -Hujan lebat mengguyur Jabodetabek dan sekitarnya belakangan ini. Banjir pun terjadi di sejumlah wilayah, termasuk daerah kawasan industri. Kondisi ini membuat terputusnya distribusi barang, dan sektor industri mengalami kerugian hingga Rp 100 miliar/hari.

“Jadi dari laporan yang saya terima, hampir di semua kawasan industri pabriknya sendiri tidak dimasuki banjir. Tetapi di lingkungan dan kawasan industri seperti Cikarang, Karawang, Bekasi, dan Subang semua tergenang air,” kata Menteri Perindustrian MS. Hidayat ditemui di ruang kerjanya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (23/1/2014).


Hidayat mengungkapkan, akibat banjir yang menggenang wilayah di sekitar kawasan industri, terjadi penurunan produksi. Ini disebabkan karena banyaknya karyawan yang terhambat untuk bekerja, lalu transportasi yang tidak berjalan lancar di gudang.


“Produk yang mau disalurkan ke par apembeli atau ke pelabuhan terhenti atau terhambat, dan menyebabkan terjadinya gangguan pada distribusi. Jika berkepanjangan tentu berakibat wanpretasi, karena tidak bisa memenuhi pengiriman kepada pembeli tepat pada waktunya. Meskipun pembeli mengetahui terjadi gangguan alam tetapi tetap menjadi wanpretasi, ditolerir tetapi tidak bisa berlama lama,” ujar Hidayat.


Akibat kondisi terputusnya distribusi produk karena banjir, kerugian sektor industri di Indonesia ditaksir mencapai Rp 100 miliar per hari.


“Saya mendengar lebih dari Rp 100 miliar per hari dari seluruh kawasan, saya bicara dengan BMKG hujan intensitasnya masih berlangsung minggu ini, minggu depan berkurang. Yang harus ditindaklanjuti setelah selesai musim banjir ini adalah pemulihannya dengan memprioritaskan apa sehingga pada tahun tersisa bisa melakukan recovery. Kawasan paling parah tergenang banjir adalah Subang,” tutupnya.



(rrd/dnl)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







MS Hidayat: Banjir Bikin Industri Rugi Rp 100 Miliar/Hari

No comments:

Post a Comment