Tuesday, January 28, 2014

Siapa Saja yang Bertanggung Jawab Lolosnya Beras Impor Ilegal Vietnam?



Jakarta -Siapa pihak yang paling bertanggung jawab terkait lolosnya beras impor ilegal medium asal Vietnam di Pasar Induk Cipinang, Jakarta?

Pihak Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan salah satu pihak yang dianggap bertanggung jawab. Mereka sudah mengakui tak melakukan pemeriksaan fisik beras dengan alasan mempercepat kelancaran arus barang.


Selain Bea Cukai, perusahaan surveyor disebut-sebut juga ikut bertanggung jawab atas masuknya beras ilegal tersebut.


“Selain Bea Cukai, lembaga surveyor juga harus dimintai keterangan atas masuknya beras ilegal itu,” kata seorang eks importir beras yang tidak mau disebutkan namanya kepada detikFinance, Rabu (29/01/2014).


Siapa lembaga surveyor yang harus bertanggung jawab? Menurut pihak importir beras, Direktur PT Beras Kita Utama Hendra menyatakan lembaga surveyor yang menangani masuknya beras impor di 2013 adalah PT Surveyor Indonesia (SI).


“Jelas surveyor-nya itu adalah SI atau Surveyor Indonesia,” ungkap Hendra yang mengimpor beras di 2013 lalu.


Namun Hendra menegaskan pihaknya sudah mendapatkan perizinan yang sah untuk mengimpor beras khusus sesuai aturan yang berlaku.Next



(wij/hen)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Siapa Saja yang Bertanggung Jawab Lolosnya Beras Impor Ilegal Vietnam?

No comments:

Post a Comment