Friday, January 31, 2014

Pengusaha Usul Wamendag Bayu Krisnamurthi Gantikan Gita Wirjawan



Jakarta -Para pengusaha mengusulkan agar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak menunjuk orang baru sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Gita Wirjawan. Apa alasannya?

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto atau yang akrab disapa SBS memberi saran kepada Presiden SBY. Menurutnya, cukup Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi yang melanjutkan tugas dari Gita Wirjawan di Kementerian Perdagangan.


“Menurut saya, waktunya (berakhirnya kabinet Indonesia Bersatu Jilid II) tinggal beberapa bulan lagi, atau 8 sampai 10 bulan. Tidak efektif bila cari orang baru (untuk menduduki kursi Menteri Perdagangan). Saya sarankan kepada presiden yang sudah ada saja yaitu Wamendag yang menggantikan posisi Gita,” kata SBS kepada detikFinance, Jumat (31/01/2014).


Gita Wirjawan memilih mundur dari jabatannya sebagai Menteri Perdagangan per 1 Februari 2014, karena ingin fokus mengikuti konvensi Partai Demokrat sebagai calon presiden.


SBS menyebut, kapasitas Bayu Krisnamurthi mampu menangani segala urusan di institusi Kementerian Perdagangan. Namun, lagi-lagi kebijakan tertinggi penunjukan siapa Menteri Perdagangan yang baru adalah hak prerogatif presiden.


“Saya yakin Bayu bisa, tetapi ini kan hak presiden,” imbuhnya.


Menurut SBS, ada banyak pekerjaan rumah besar bagi sosok yang menggantikan Gita Wirjawan. Salah satunya adalah bisa menekan impor, dan mampu merangkul para pengusaha lokal agar bisa menggenjot perdagangan, baik di dalam negeri maupun luar negeri.


“Saya kira banyak PR-nya salah satunya mungkin meningkatkan perdagangan kita dengan berkoordinasi dengan instansi, perbankan, dan tentu saja pengusaha. Kadin sendiri siap membantu memberikan masukan. Kemudian mengurangi beban impor yang besar dengan menciptakan subsitusi impornya seperti apa,” jelasnya.


(wij/rrd)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Pengusaha Usul Wamendag Bayu Krisnamurthi Gantikan Gita Wirjawan

No comments:

Post a Comment