Sunday, January 19, 2014

Rusun Sewa Rp 5,6 Miliar Diresmikan Djan Faridz di Perbatasan Sumbar-Jambi



Dharmasraya -Sebuah rumah susun sederhana dan sewa (Rusunawa) senilai Rp 5,6 miliar diresmikan oleh Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz. Rusun yang lokasinya di perbatasan Sumatera Barat dan Jambi, atau tepatnya di Dharmasraya ini merupakan hibah Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera).

“Untuk mendukung pendidikan di daerah, maka dari pemerintah dibangunlah 1 blok Rusunawa dengan dengan 3 lantai, dan mampu menampung 188 orang dengan nilai Rp 5,6 miliar,” ungkap Djan dalam sambutannya di aula kampus di Dharmasraya, Sumatera Barat, Senin (20/1/2014).


Lokasi rusunawa terletak di kawasan kampus STIKES-STMIK-STKIP. Pembangunan rusunawa ini bertujuan sebagai asrama untuk mahasiswa dan mahasiswi yang berkuliah di kampus tersebut.


Rusunawa dibangun di atas lahan seluas 30 m x 60 m, dan terdiri dari empat lantai dan 48 kamar. Nantinya kamar akan diisi oleh 4 orang mahasiswa.


Ketua Yayasan Elvina menuturkan, kampus ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan. Apalagi Dharmasraya merupakan perbatasan antara dua provinsi Sumatera Barat dan Jambi.


Untuk menempuh ke area pendidikan seperti Padang dan Jambi membutuhkan waktu masing-masing 4 dan 7 jam. Beberapa tahun berjalan, minat masyarakat terlihat cukup tingi. Saat ini total mahasiswa yang tercatat adalah 964 orang.


“Ini kan merupakan perbatasan antara Jambi dan Padang. Kalau ke Padang butuh 4 jam dan Jambi 7 jam. Sementara banyak yang butuh sekolah. Jadi dibangunlah kampus ini,” ujarnya pada kesempatan yang sama.


“Kalau sekarang tingginya minat masyarakat yang ingin bersekolah melanjutkan ke pedidikan profesi seperti ini. Kita asramakan dari awal sampai akhir selesai, agar mereka jadi pekerja yang terampil dan terdidik dan siap di lapangan,” tutup Elvina.


(mkl/dnl)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Rusun Sewa Rp 5,6 Miliar Diresmikan Djan Faridz di Perbatasan Sumbar-Jambi

No comments:

Post a Comment