<!–TITOL:

Sekilas Valas: Sentimen Asia Didominasi Oleh Berita Siprus – BTMU


FITITOL–>


FXstreet.com (Barcelona) – Derek Halpenny, Kepala Riset Pasar Global Eropa di Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ mencatat bahwa sesi Asia telah didominasi oleh keputusan yang mengejutkan oleh Uni Eropa yang memaksa Siprus untuk menerapkan haircut yang efektif pada deposito di Siprus dalam rangka meningkatkan 5,8 milyar EUR yang akan ditambah dengan paket bantuan 10 milyar EUR dari zona euro.


Dia merasa bahwa ini bukan secara ‘teknis’ sebuah haircut pada deposan sebagai bagian dari program bail-out, karena deposan seharusnya tercakup dalam skema perlindungan deposito Siprus tersebut. Dia menulis, “Jadi, bukannya pajak sebesar 6,75% yang telah dilaksanakan pada semua deposito di bawah EUR 100 ribu dan 9,9% pada semua deposito lebih dari jumlah itu. Menurut FT pagi ini, Jerman dan Finlandia yang bertanggung jawab bersikeras bahwa deposito mengalami kerugian mengingat fakta bahwa sektor perbankan secara efektif bangkrut dan bahwa ECB akan menarik dukungan likuiditas bagi Laiki bank terbesar kedua – yang akan meruntuhkan sektor perbankan secara keseluruhan dan meninggalkan Siprus dengan tagihan 30 milyar USD untuk mengganti deposito di bawah ambang batas 100 ribu – EUR 30 milyar Siprus tidak memiliki “.


Pada akhirnya ia mencatat bahwa itu adalah IMF yang telah bersikeras untuk beberapa minggu bahwa nasabah harus memainkan peran dalam pembiayaan dan Jerman menginginkan kesepakatan yang termasuk dukungan IMF. Dia mencatat bahwa tentunya respon di perdagangan Asia telah diprediksi, dengan ekuitas turun antara 1-2% sementara euro lebih rendah secara menyeluruh (EUR/JPY turun lebih dari 2%). Halpenny berkomentar bahwa kekhawatiran penularan dapat dipahami pada hari ini ketika ambang batas lain telah menyeberangi yang mana risiko merusak kepercayaan di sektor perbankan zona euro secara keseluruhan.


Dia selesaikan dengan menulis. “Apakah skema perlindungan deposito apapun kredibel dalam kenyataan? Langkah ini diambil oleh Uni Eropa menempatkan keraguan nyata dalam kepercayaan penabung bank-banknya. Kami menduga bahwa saat ini kondisi pasar yang menguntungkan berarti pasar mungkin mengambil keputusan ini untuk sekarang dan melihatnya sebagai suatu hasil yang disepakati yang diberikan ukuran kecil Siprus ‘dan keparahan dari utang di sektor perbankan, namun risiko besar yang telah diambilmenimbulkan ketidakpastian lebih lanjut.”


** Ruang Berita FXstreet.web.id, FXstreet.com **