Thursday, March 21, 2013

BRI dan BCA Diganjar Penghargaan Bank Terbaik Internasional



 



TEMPO.CO, Seoul – Bank Rakyat Indonesia dan Bank Cetral Asia mendapat penghargaan sebagai bank terbaik dalam acara “Excellence in Retail Financial Service” yang diselenggarakan oleh The Asian Bankir di Seoul, Korea Selatan, Kamis malam, 21 Maret 2013. BRI terpilih sebagai bank terbaik dalam pembiayaan mikro, Best Microfinance Business. Adapun BCA didaulat sebagai bank ritel terbaik di Indonesia.



Direktur Business Commercial BRI Sulaiman Arif Arianto mengatakan BRI akan terus berfokus mengembangkan sektor UMKM. Sepanjang 2012, BRI telah mengucurkan Rp 59,296 triliun untuk mendanai kredit usaha rakyat.



Pencapaian tersebut diikuti pertumbuhan pada segmen mikro, kecil, dan menengah yang mendominasi portofolio pinjaman BRI sebesar 75 persen. »Pencapaian tersebut salah satunya ditunjang oleh terpenuhinya sarana dan prasarana infrastruktur yang memegang peranan penting dalam peningkatan ekspansi bisnis disegmen mikro, kecil, dan menengah yang berkualitas dan berkesinambungan, termasuk mendukung upaya pemberdayaan masyarakat dalam memberikan kontribusi terhadap pembangunan nasional,” ujar Sulaiman.



Agar dapat menjangkau masyarakat dalam mengakses layanan perbankan, dilakukan dengan pembukaan kantor-kantor BRI di seluruh Indonesia. Menurut Sulaiman, sepanjang 2012, BRI telah membuka 151 BRI Unit, 474 Teras BRI serta 250 Teras BRI Keliling untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan perbankan di segmen mikro seperti simpanan, pinjaman serta jasa perbankan lainnya. Disamping itu, BRI juga telah merekrut lebih dari 6.000 petugas kredit mikro (mantri) dalam satu tahun terakhir sebagai salah satu bentuk komitmen BRI untuk meningkatkan layanan perbankan dan ekspansi bisnis retail.



Revitalisasi bisnis tersebut membuat BRI membukukan outstanding kredit mikro sebesar Rp 106,8 triliun pada 2012. Besarnya jumlah kredit yang dikucurkan menjadikan BRI sebagai salah satu pelaku bisnis microbanking terbesar di dunia. “Penyaluran kredit mikro BRI lebih tinggi dibandingkan lembaga keuangan mikro lain di dunia, seperti Grameen Bank dari Bangladesh, Compartamos dari Meksiko maupun Equity dari Kenya,” kata Sulaiman.



Adapun BCA, menurut Direktur Consumer Banking BCA Suwignyo Budiman, berfokus mengembangkan retail banking. Dengan 1.000 kantor cabang yang tersebar di berbagai daerah, BCA tercatat sebagai bank dengan aset terbesar ketiga di Indonesia. “Ini adalah penghargaan yang ketujuh kalinya bagi kami,” katanya dalam acara yang sama.



DEWI RINA (SEOUL)





BRI dan BCA Diganjar Penghargaan Bank Terbaik Internasional

No comments:

Post a Comment