Thursday, March 14, 2013

Perry Warjiyo Menjadi Deputi Gubernur BI  



TEMPO.CO, Jakarta -Komisi Keuangan DPR akhirnya memilih Asisten Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo sebagai Deputi Gubernur BI bidang moneter menggantikan Budi Mulya. “Terpilih secara aklamasi,” kata Wakil Ketua Komisi Keuangan DPR, Harry Azhar Azis,  setelah proses pemilihan, Kamis, 14 Maret 2013.



Budi Mulya berstatus non-aktif sejak 2011 karena menjadi tersangka dalam kasus Bank Century, sehingga tanggung jawab di bidang moneter dibagi ke deputi gubernur lainnya. Adapun Budi Mulya habis masa jabatan pada November 2012.



Ini merupakan uji kelayakan dan kepatutan keempat yang dijalani Perry untuk menduduki kursi Deputi Gubernur BI. Uji kelayakan dan kepatutan pertama di tahun 2009. Ketika itu, saingan Perry yakni Hartadi menang secara aklamasi. Tahun 2010, Perry dan calon lainnya, Komisaris Bank Mandiri Krisna Wijaya kalah suara dari Halim Alamsyah. Pada 2011, Perry kalah suara dari Ronald Waas. Baru kali ini, Perry menang secara aklamasi dengan mengalahkan Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter BI, Hendar.



Harry menjelaskan, setiap pimpinan fraksi menyebut nama Perry sebagai pilihan fraksi. Hal ini dibawa dalam rapat pleno Komisi dan disetujui Perry terpilih sebagai Deputi Gubernur BI.



Ia pribadi menilai Perry sebagai orang yang kompeten dalam pengendalian inflasi. “Fokus BI setelah ada Otoritas Jasa Keuangan, adalah ke moneter, termasuk pengendalian inflasi. Penjelasannya cukup meyakinkan komisi XI. Terbukti dengan seluruh fraksi menyebut nama yang bersangkutan,” ujarnya.



Anggota Komisi Keuangan dari PDIP, Maruarar Sirait menjelaskan, tak mudah bagi seseorang untuk terpilih secara aklamasi. “Perry banyak belajar dari tiga kali kegagalan. Hasilnya bagus,” ucapnya. Ia menjelaskan, yang terpenting, Perry bisa membuktikan apa yang disampaikan dalam uji kelayakan dan kepatutan.



“Bagaimana kebijakan makro BI bisa menggerakkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, berkeadilan, dan menggerakkan sektor riil. Seperti akses petani kepada perbankan, juga sektor yang selama ini tumbuhnya masih lambat,” ucapnya.



Menanggapi keberhasilannya, Perry Warjiyo mengungkapkan, pihaknya berjanji akan menjalankan visi misinya sebagaimana disampaikan dalam uji kelayakan dan kepatutan di DPR. “Semoga saya bisa menjalan tugas ini dengan baik,” ucapnya.


MARTHA THERTINA


Berita Terpopuler:


Diperiksa Hari Ini, Menteri Suswono Terancam


Siapa Jorge Bergoglio, Sri Paus yang Baru?


Dana Safari PKS, Mendagri: Tanggungjawab Gubernur


Jadwal Sidang Raffi Ahmad dan Rasyid Bentrok Lagi


Jorge Mario Bergoglio Terpilih Sebagai Paus Baru





Perry Warjiyo Menjadi Deputi Gubernur BI  

No comments:

Post a Comment