Monday, July 28, 2014

Mirip Tol Laut Jokowi, CT Ingin Buat 'Jembatan Laut' di Selat Sunda



Jakarta -Untuk mengefisiensikan arus distribusi barang dari Sumatera ke Jawa, dan sebaliknya, Menko Perekonomian Chairul Tanjung mempunyai ide untuk membuat konsep ‘jembatan laut’ di Selat Sunda. Apakah itu?

Konsep atau ide ini adalah membuat transportasi kapal yang akan selalu ada atau mondar mandir di Selat Sunda, untuk mengantarkan barang dari dua pulau tersebut. Ide ini muncul karena melihat proyek Jembatan Selat Sunda (JSS) yang masih lama terbangunnya.


Nantinya, ‘jembatan laut’ ini juga akan mengantarkan barang dari Jawa menuju tol Trans Sumatera yang akan dibangun.


“Sambil menunggu JSS, tapi itu kan lama kalau menunggu JSS, menurut saya itu lama. Kita harus berpikir cari solusi yang cepat. Saya punya ide harus bangun jembatan laut. Jembatan yang pakai kapal terus menyambung ke tol Trans Sumatera. Itu akan tercipta efisiensi,” ujar pria yang akrab disapa CT saat open house di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Senin (28/7/2014).


“Jadi jembatan laut ini konsepnya mirip dengan tol lautnya Pak Jokowi. Kita pakai kapal yang mondar mandir angkut barang,” ungkap CT.


Ide ini muncul setelah dirinya memantau kondisi pelabuhan Merak, Banten dan Bakauheni, Lampung menjelang lebaran beberapa hari lalu.


“Karena setelah saya pantau dari udara, antara Merak dan Bakauheni itu jauh juga. Kalau tunggu JSS jadi mau berapa lama. Jadi kita pikir yang cepat yang murah. Sambil tunggu JSS jadi kita juga siapkan jembatan laut,” kata CT.Next



(dnl/dnl)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Mirip Tol Laut Jokowi, CT Ingin Buat 'Jembatan Laut' di Selat Sunda

No comments:

Post a Comment