Wednesday, July 30, 2014

Daya Beli Konsumen Melemah, Penjualan Ritel Saat Lebaran Melambat



Jakarta -Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) mencatat penjualan ritel di mal-mal sepanjang musim Lebaran 2014 meningkat sebesar 10% dibandingkan 2013. Namun kenaikan tahun ini masih jauh lebih rendah daripada kenaikan tahun lalu.

“Walaupun terjadi kenaikan, namun lebih kecil dibanding kenaikan penjualan pada masa Lebaran tahun 2013 dibanding tahun 2012, yang sebesar 15%,” kata Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia Handaka Santosa kepada detikFinance, Rabu (30/7/2014)


Ia mengatakan penyebabnya karena melemahnya daya beli konsumen yang dipicu dari tingginya atau kenaikan bunga pinjaman bank. Handaka menambahkan besarnya kebutuhan konsumen untuk membayar angsuran motor, mobil, rumah, dan apartemen meningkat gara-gara bunga cicilan naik.


“Sebenarnya penghasilan naik, karena adanya kenaikan UMP dan lainnya. Hanya saja kebutuhan pembayaran angsuran naik tajam, sehingga menggerogoti pembelian ke ritel,” katanya.


Ia menegaskan daya beli masyarakat tidak sekuat pada periode 2013, saat itu penjualan ritel di mal-mal naik 15%, sedangkan tahun ini hanya naik 10%.


“Jadi sebaiknya pemerintah segera turunkan bunga pinjaman. Kita membutuhkan pertumbuhan ekonomi jangan sampai konsumsi domestik turun,” katanya


Handaka mengatakan kebijakan bunga tinggi adalah untuk menjaga inflasi tetap rendah. Namun jika hasilnya pertumbuhan ekonomi melambat karena melemahnya daya beli, maka ia mendesak pemerintah dan BI perlu segera ambil kebijakan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.


Kenaikan bunga KPR setidaknya sudah berlangsung sejak akhir tahun lalu. Memasuki 2014, perbankan juga terus menaikkan bunga KPR.


Kondisi ini juga dikeluhkan oleh pelaku pengembang properti, seperti Grup Ciputra. Kondisi ini mempengaruhi penjualan properti mereka.



(wij/hen)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Daya Beli Konsumen Melemah, Penjualan Ritel Saat Lebaran Melambat

No comments:

Post a Comment