Thursday, July 31, 2014

Ini Usulan Pengusaha ke Jokowi Soal Pembangunan Daerah Tertinggal



Jakarta -Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia punya usulan kepada presiden terpilih versi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Joko Widodo (Jokowi) untuk mengembangkan daerah tertinggal di Indonesia.

Wakil Ketua Umum Kadin bidang Pemberdayaan Daerah Natsir Mansyur berpendapat membangun daerah tertinggal perlu adanya pendekatan khusus. Saat ini terdapat 183 kabupaten yang dikategorikan sebagai Daerah Tertinggal di Indonesia.


“Pembangunan daerah tertinggal perlu ada pendekatan ekonomi, sehingga menciptakan percepatan pemerataan ekonomi daerah,” kata Natsir kepada detikFinance, Kamis (31/07/2014).


Salah satu yang harus dilakukan Jokowi adalah banyak membangun infrastruktur di daerah tertinggal seperti pembangunan konsep tol laut sebagai jalur utama perairan laut agar harga-harga kebutuhan pokok di daerah tertinggal, terpencil bisa lebih terjangkau. Untuk mendukung upayanya itu perlu dibangun pelabuhan laut yang bisa disandari kapal dengan kapasitas 3.500 hingga 5.000 DWT.


Kemudian Natsir juga mengungkapkan perlu dibangunnya bandara udara modern yang mampu menampung kapasitas 500 ribu hingga 1 juta penumpang. Tidak berhenti sampai di sana, cara selanjutnya adalah dengan membangun konsep industri terpadu.


“Lalu membangun industri pioner seperti industri smelter untuk mineral, industri migas, industri pengolahan perkebunan dan logistik pangan,” imbuhnya.


Melalui pendekatan ini semua, ia optimistis daerah tertinggal di Indonesia akan berkurang dan bergerak menjadi daerah maju dan mandiri.


“Adanya ini semua akan mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah khususnya daerah tertinggal,” cetusnya.


(wij/hen)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Ini Usulan Pengusaha ke Jokowi Soal Pembangunan Daerah Tertinggal

No comments:

Post a Comment