Tuesday, July 29, 2014

Ini Rencana OJK Untuk 4 Bank BUMN dan Sudah Dibicarakan ke Dahlan Iskan



Jakarta -Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong perbankan pelat merah untuk melakukan konsolidasi sesegara mungkin, guna memperbaiki struktur permodalan menghadapi era pasar bebas ASEAN (Masyarakat Ekonomi ASEAN/MEA) yang berlaku mulai 2015.

“Konsolidasi bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara) harus sesegera mungkin. Caranya adalah dengan melakukan konsolidasi,” kata Muliaman saat ditemui wartawan di rumahnya, kawasan Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (29/7/2014).


Soal konsolidasi ini, lanjut Muliaman, terdiri dari dua tahap. Yakni konsolidasi institusi yaitu berupa merger atau akuisisi bank-bank BUMN. Atau yang kedua adalah konsolidasi strategis.


Indonesia saat ini memiliki 4 bank BUMN, yakni PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN). Sebelum dapat menggabungkan keempatnya menjadi satu badan hukum, langkah awal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan konsolidasi strategis, berupa pembagian tugas dan kewenangan masing-masing bank tersebut.


“Konsolidasi strategis ini bentuk praktisnya adalah dengan mempertegas, siapa melakukan apa, dan apa yang bisa dilakukan bersama-sama,” papar dia.


Saat ini, lanjut Muliaman, belum ada aturan yang tegas yang membatasi tugas masing-masing bank BUMN tersebut.


“Makanya programnya mirip-mirip dan jeruk makan jeruk. Yang satu bikin asuransi, yang lain juga punya asuransi. Yang satu bikin syariah, yang lain juga punya syariah. Makanya perlu diatur supaya enggak jeruk makan jeruk,” katanya.Next



(dnl/dnl)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Ini Rencana OJK Untuk 4 Bank BUMN dan Sudah Dibicarakan ke Dahlan Iskan

No comments:

Post a Comment