Thursday, July 31, 2014

Harga Rumah di Tiongkok Makin Anjlok



Beijing -Penurunan harga rumah di Tiongkok terus berlanjut termasuk pada Juli 2014. Berdasarkan survei China Index Academy (CIA) harga rata-rata rumah di 100 kota besar di Tiongkok turun.

Saat ini, di Tiongkok mengalami kelebihan pasokan hunian, meski merupakan negara dengan penduduk terbanyak di dunia. Ada 10,2 juta unit apartemen di Tiongkok kosong tak berpenghuni.


Menurut survei tersebut rata-rata harga rumah baru di 100 kota besar hanya 10.835 yuan per meter atau US$ 1.757 per meter pada Juli. Harga ini sudah turun 0,81% dibandingkan Juni


Penurunan harga terjadi selama 3 bulan berturut-turut. Pada Juni harga rata-rata rumah turun 0,50%, dan Mei turun 0,32%. Kondisi ini merupakan yang pertama dalam 2 tahun terakhir.


Pada Juli, harga rumah jatuh di 76 kota dan hanya naik di 24 kota. Sedangkan bulan sebelumnya 71 kota harga rumahnya turun, dan 29 kota masih mengalami kenaikan.


Tercatat 10 kota terbesar di Tiongkok semuanya mengalami penurunan harga yang tajam dibandingkan bulan sebelumnya, misalnya di Beijing harga rata-rata rumah turun 1,6% menjadi hanya 32.736 yuan per meter persegi.


“Penyebabnya karena tingginya pasokan dan rasio utang, sehingga para pengembang properti memangkas harga jual untuk menggenjot penjualan,” jelas CIA dalam surveinya seperti dikutip dari AFP, Jumat (1/8/2014)


Selain itu, penyebabnya karena permintaan yang rendah karena para konsumen berharap penurunan harga rumah terus berlanjut.


Pihak pemerintah Tiongkok sudah lama mencegah terjadinya kenaikan harga rumah dan menjanjikan menyediakan pasokan rumah yang terjangkau bagi rakyatnya. Hal ini merespons ketidakpuasan masyarakat soal tak terjangkaunya harga rumah baru di Tiongkok. Pemerintah Tiongkok telah membatasi pembelian rumah kedua dan ketiga untuk mengendalikan pasar perumahan.


Misalnya Kota Hohhot di utara Mongolia, menjadi yang pertama menerapkan pembatasan pembelian rumah kedua pada Juni 2014, dan diikuti oleh kota-kota lainnya.


(hen/hen)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Harga Rumah di Tiongkok Makin Anjlok

No comments:

Post a Comment