<!–TITOL:

USD/JPY: Yen Akhiri Tahun Penurunan Terhadap Dolar


FITITOL–>


FXstreet.web.id – Yen telah naik kembali dari posisi terendah semalam sebesar JPY105,0700 terhadap dolar, sisanya ditetapkan untuk penurunan tahunan terbesar dalam 34 tahun. USD/JPY telah naik dari JPY86,60 pada tanggal 2 Januari, naik 21,6 persen pada tahun berjalan.

Yen telah jatuh terhadap dolar pada perbedaan kebijakan moneter. Federal Reserve AS mengumumkan pada 18 Desember bahwa itu akan melakukan taper program pembelian aset sebesar USD10 milyar ke USD75 milyar per bulan. Hal ini diantisipasi bahwa Fed akan terus memangkas langkah-langkah stimulus secara bertahap USD10 milyar, menutup program pada Desember 2014.


Sebaliknya, Bank of Japan tetap berkomitmen untuk program pembelian obligasi yang agresif dari JPY7 triliun per bulan. Pada pertemuan bulan Desember, dewan BoJ dan Gubernur Haruhiko Kuroda mempertahankan janji mereka untuk memperluas basis moneter Jepang sebesar 60 trilyun ke 70 trilyun yen tahunan dalam pertarungan melawan tekanan deflasi.


Kekuatan yen yang jatuh akan memberikan dorongan besar bagi para pembuat kebijakan dan dorongan mereka ke arah target inflasi 2 persen dengan kelemahan yen mengimpor inflasi.


USD/JPY saat ini diperdagangkan di USD104,9250, turun 0,18 persen semalam.


[Lihat Posisi Perdagangan Kontributor]


** Ruang Berita FXstreet.web.id, FXstreet.com **