Monday, December 30, 2013

Setelah Kalibaru, Wamenhub Sidak ke Jalan Tol Lingkar Pelabuhan



Jakarta -Setelah menyelesaikan sidak pembangunan Pelabuhan Kalibaru, Jakarta Utara, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono bergerak untuk meninjau pembangunan tol lingkar Pelabuhan Priok. Pembangunan jalan tol ini adalah hasil kerjasama antara PT Pelindo II (persero) dan Kementerian Pekerjaan Umum (PU).

Bambang mengatakan nantinya akses tol ini dapat dilalui semua kendaraan khususnya truk bermuatan kontainer. Keberadaan jalan tol ini dapat membantu padatnya lalu lintas di luar areal Pelabuhan Tanjung Priok.


“Iya jalan tol ini akan menambah kapasitas dan akses jalan. Teman-teman PU akan mempercepat pembangunan jalan tol ini. Walaupun nanti ada jalan kereta api menuju Pelabuhan Priok, jalan tol ini adalah bagian dari jaringan utama jalan. Ini juga salah satu solusi mengatasi kemacetan dan sebisa mungkin kita pisahkan angkutan berat dan angkutan kota juga pribadi,” kata Bambang di lokasi, Rabu (31/12/2013).


Bambang masih ditemani Dirut Pelindo II (persero) RJ Lino dan Satker Akses Tol Tj Priok, Kementerian PU Bambang Nurhadi. Bambang Nurhadi mengatakan nantinya jalan tol sepanjang 12 km ini akan terkoneksi dengan jalan tol jalur Cikunir dan Cikampek di sisi timur jalan tol.


“Ini nyambungnya dengan Cikunir, Cikampek. Nyambungnya ke tol Ancol dan melingkar. Ini untuk umum. Nanti ada akses jalan tol langsung ke Pelabuhan Priok khusus untuk kontainer ada namanya direct rem masuk ke pelabuhan langsung,” tuturnya.


Mengenai dana investasi, pembangunan jalan tol ini didanai sepenuhnya oleh dana APBN dan bantuan hibah dari Jepang senilai hingga Rp 3,5 triliun. Ditargetkan jalan tol ini dioperasikan pertengahan tahun 2015.


“Pertengahan 2015 nyambung jalan tol ini. Ini sekarang pembangunannya sudah 60%. Pintu tol masuk melalui kawasan Permai. Beban jalan tol ini sudah bisa dinaikan mobil dengan beban diatas 10 ton. Kita bekerja secara baik dengan Pelindo. Maka mengurangi beban jalan bawah. Panjang 12 km. Sampai tahap akhir nantinya investasi Rp 3,4-3,5 triliun. Investasi dari APBN dan bantuan Jepang,” cetusnya.



(wij/ang)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Setelah Kalibaru, Wamenhub Sidak ke Jalan Tol Lingkar Pelabuhan

No comments:

Post a Comment