Monday, December 30, 2013

Orang Terkaya di Dunia Borong Saham Phillips 66 Senilai Rp 14 Triliun



Jakarta -Salah satu orang terkaya di dunia Warren Buffet melalui perusahannya Berkshire Hathaway membeli anak usaha Phillips 66. Berskhire menggelontorkan sekitar US$ 1,4 miliar (sekitar Rp 14 triliun) untuk mendapatkan saham perusahaan minyak tersebut.

Berskhire dilaporkan memiliki sekitar 2,7 juta saham Phillips 66 di akhir September 2013 lalu. Saat penutupan harga US$ 74,72, saham tersebut bernilai US$ 2 miliar.


Seperti diikutip dari CNBC, Selasa (31/12/2013) Buffet yang merupakan CEO dari Berkshire menyebut dirinya telah lama tertarik dengan portfolio bisnis Phillips 66. Dia menyebut perusahaan tersebut adalah bisnis dengan kualitas tinggi, yang memiliki performa finansial yang kuat dan stabil yang akan cocok dengan bisnis Berkshire lainnya.


Buffet berencana mengangkat James Hambrick, CEO dari anak usaha Berkshire, Lubrizol untuk menjabat posisi strategis di perusahaan Phillips 66 nantinya.


Perusahaan mengharapkan transaksi akan selesai pada pertengahan 2014. Jumlah saham Phillips yang akan diserahterimakan akan berdasarkan harga saham saat persetujuan ditutup.


Phillips menargetkan akan meraup laba sekitar US$ 450 juta pada neraca keuangannya saat penutupan.



(zul/ang)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Orang Terkaya di Dunia Borong Saham Phillips 66 Senilai Rp 14 Triliun

No comments:

Post a Comment