Saturday, December 21, 2013

656 Bus Baru Siap Mengaspal di Jakarta Awal Tahun Depan



Jakarta -Fasilitas transportasi umum di DKI Jakarta akan mendapat tambahan sebanyak 656 unit armada bus baru berbagai ukuran dan tipe mulai Januari 2014.

Moda transportasi baru ini nantinya dalam bentuk bus TransJakarta sebanyak 310 unit serta APTB (Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway) dan BKTB (Bus Kota Terintegrasi Busway) sebanyak 346 unit. Bus ini digunakan sebagai transportasi publik masyarakat Jakarta dan sekitarnya.


“Tahun 2013 kita siapkan 310 busway dan 346 bus minimum. Ini beroperasi Januari 2014,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono pada acara diskusi Mobil Murah dan Kemacetan Jakarta di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, Sabtu (21/12/2013).


Bus baru ini sebagai upaya penambahan dan peremajaan armada bus Trans Jakarta, metro mini, kopaja dan bus besar yang selama ini telah beroperasi. Selanjutnya, tahun depan Pemprov DKI juga akan melakukan proses pengadaan armada bus baru hingga 4.000 unit.


“Tahun depan 1.000 bus TransJakarta dan 3.000 bus minimum,” sebutnya.


Udar menjelaskan pada tahun 2014 merupakan tahun revitalisasi dan penambahan armada transportasi publik di wilayah DKI Jakarta. “Tahun 2014 kita perbaikan. Tahun 2013 kami baru adakan,” terangnya.


Armada bus ini nantinya juga disiapkan melayani masyarakat dari atau ke pusat pemukiman di pinggiran Jakarta hingga pusat perkantoran dan keramaian publik di tengah kota Jakarta.


“Bus TransJakarta tambah. BKTB dan APTB tambah. APTB itu angkutan perbatasan terintegrasi busway. Semua terintegrasi dengan busway. Itu dari pinggiran Jakarta,” katanya.


(feb/hen)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







656 Bus Baru Siap Mengaspal di Jakarta Awal Tahun Depan

No comments:

Post a Comment