Tuesday, December 17, 2013

Hatta: Pelaku UKM Adalah Pahlawan Bangsa



Jakarta -Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menegaskan pelaku Usaha Kecil Menengah atau UKM sebagai pahlawan perekonomian Indonesia. Salah satu alasannya karena sektor UKM menyerap banyak lapangan kerja.

“Saya katakan UKM itu adalah pahlawan bangsa karena pencipta banyak lapangan pekerjaan dan pendorong perekonomian kita,” ungkap Hatta saat memberi sambutan di acara penganugerahan Paramakarya 2013 di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Selasa (17/11/2013).


Hatta menyebutkan 50% dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia dihasilkan dari sektor UKM. Kemudian UKM adalah sektor bisnis yang tetap bertahan di saat krisis ekonomi menerjang Indonesia.


“50% GDP kita dari sektor UKM dan terbukti pada masa krisis UKM ini memiliki sabuk pengaman yang luar biasa,” imbuhnya.


Menurut Hatta total pelaku UKM di Indonesia terus tumbuh dan meningkat cukup pesat. Untuk itu Hatta mengingatkan agar para pelaku UKM tidak segan untuk menggunakan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disediakan pemerintah. Tahun 2013 pemerintah mengalokasikan pembiayaan KUR sebesar Rp 36 triliun.


“Posisi Pemerintah ini untuk UKM kita terus mendorong wirausahawan tetapi tentu yang berbasis pada teknologi dan inovasi. KUR kita sediakan tahun ini sebesar Rp 36 triliun dan sudah ada 8 juta nasabah yang menggunakan itu,” tuturnya.


Namun Hatta juga mengingatkan agar para pelaku usaha segera membuat Standardisasi Nasional Indonesia (SNI) atas produk yang mereka hasilkan. Selain membuat rasa aman bagi konsumen, label SNI juga akan menambah daya saing produk Indonesia di kancah global.


“Bagi para pelaku usaha yang sudah mapan, jangan lupa SNI produk didaftarkan karena SNI ini adalah standar kualitas dan keamanan konsumen,” serunya.


(wij/hen)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Hatta: Pelaku UKM Adalah Pahlawan Bangsa

No comments:

Post a Comment