Tuesday, December 17, 2013

Hadapi Pasar Bebas ASEAN, 47% Tenaga Kerja RI Hanya Lulusan SD



Jakarta -Indonesia unggul dalam jumlah tenaga kerja dibanding negara-negara ASEAN lainnya. Namun sayangnya, kebanyakan tenaga kerja di Indonesia masih berpendidikan rendah. Padahal pada akhir 2015, Indonesia harus bergabung dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA/AEC) atau pasar bebas ASEAN.

Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) Rena Usman mengatakan saat ini jumlah pekerja di Indonesia mencapai 117,37 juta orang atau sekitar 88,34% dari total penduduk Indonesia.


Dari angka tersebut, para pekerja didominasi pekerja berpendidikan rendah yakni sekolah dasar (SD), disusul Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sederajat lalu Sekolah Menengah Atas dan sederajat (SMA/SMK).


“SD ke bawah sebesar 65 juta orang atau sekitar 47%, SMP sebesar 20,5 juta orang atau 18%, diploma 2,9 juta orang atau 2,64%, dan sarjana sebesar 7,6 juta atau 6,83%,” kata Rena dalam diskusi bertemakan kesiapan buruh menghadapai masyarakat ekonomi ASEAN, di Permata Kuningan, Jakarta, Selasa (17/12/2013).


“Tetapi pengangguran terbuka kita mencapai 7,7 juta orang, ini cukup banyak,” imbuh dia.


Dikatakan Rena, unggul dalam jumlah atau kuantitas bukan bekal yang cukup dalam menghadapi MEA pada tahun 2015 nanti.


“Ini membuktikan sistem pendidikan kita belum bisa mempersiapkan mereka (tenaga kerja) untuk terakses kepada lapangan kerja,” lanjutnya.


Dikatakan Rena, sebenarnya buruh-buruh di Indonesia menjadi incaran negara-negara lain yang jumlahnya 6,2 juta orang (TKI), khususnya Arab Saudi untuk dijadikan Tenaga Kerja Indonesia di negara tersebut.


“Paling besar ketertarikan dari Saudi Arabia yang mencapai 1,2 juta orang, 120 ribu orang diantaranya itu ilegal, 101 ribu yang tercatat siap untuk dipulangkan, dan sisanya masih ditampung di sana,” katanya.


(zul/hen)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Hadapi Pasar Bebas ASEAN, 47% Tenaga Kerja RI Hanya Lulusan SD

No comments:

Post a Comment