Monday, December 30, 2013

Mentan Suswono: Orang Indonesia Lebih Senang Jus Tomat Impor



Jakarta -Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengungkapkan orang Indonesia lebih gemar minum jus tomat kemasan impor dari Australia. Padahal produksi tomat petani dalam negeri berlimpah.

“Orang kita itu senang minum jus tomat, banyak di supermarket, itu diimpor dari Australia,” kata Suswono di Kantor Kementerian Pertanian, Senin (30/12/2013).


Menurut Suswono, saking berlimpahnya tomat lokal, jika saat panen harga tomat terjun bebas. Sehingga banyak tomat yang dibiarkan membusuk karena kelebihan pasokan.


“Padahal di petani kita tomat berlimpah ruah, malah nggak ada nilainya di petani karena terlalu murah, sehingga petani malas memanen dan membiarkan tomat-tomatnya membusuk,” ungkapnya.


Sementara itu Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan mengatakan Indonesia memang unggul dalam hal ekspor hasil perkebunan terutama crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah namun semuanya masih belum diolah hingga ke produk hilir sehingga nilai tambahnya rendah.


“Banyak sekali kita ekspor CPO ke berbagai negara, sebenarnya di jual mentah saja untung, tapi apa iya kita cuma jual mentah terus, sementara negara lain mengembangkan industri hilir pengolahan CPO dan dapat nilai tambah yang jauh lebih besar. Industri hilir kita harus berkembang, memang perlu investasi lagi, tapi sayang kalau tidak dikembangkan,” kata Rusman.


Rusman menambahkan kampanye cintailah produk-produk Indonesia yang sering didengar saat ini tidaklah cukup.


“Yang ada sekarang itu cintailah bahan baku Indonesia, bagaimana kita menciptakan farm estate, sehingga bahan baku kita bisa kita olah sendiri, mandatnya jauh lebih besar,” tutupnya.


(rrd/hen)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Mentan Suswono: Orang Indonesia Lebih Senang Jus Tomat Impor

No comments:

Post a Comment