Sunday, September 28, 2014

Tak Mau Bergantung APBN, Jokowi akan Dorong BUMN Bangun Infrastruktur



Jakarta -Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) menegaskan tidak mau bergantung dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam melaksanakan pembangunan termasuk infrastruktur. Mantan Wali Kota Solo, Jawa Tengah ini punya cara tersendiri, yaitu memaksimalkan peranan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Jokowi berpidato di acara pembubaran Pokja Tim Transisi di Kantor Transisi, Jalan Situbondo No. 10, Jakarta Pusat, Minggu (28/9/2014) malam. Ia didampingi Wakil Presiden Terpilih Jusuf Kalla (JK).


Menurut Jokowi, meski banyak persoalan negara telah menanti, namun dirinya tetap optimistis. Ia menegaskan kabinet pemerintahannya nanti tidak mau bergantung kepada APBN.


“Karena kita tak bergantung dengan hal-hal yang berkaitan dengan APBN. Nantinya yang kita dorong adalah kebijakan-kebijakan yang mempercepat. Kebijakan yang menyegerakan yang terlambat-terlambat itu menjadi sebuah program yang memang bisa segera bisa diselesaikan,” kata Jokowi.


Wujud konkretnya rencana pembangunan tol laut yang ia gagas, tak akan mengandalkan APBN.


“Contoh, tol laut. Itu harus dibangun lagi pelabuhan biasa dan pelabuhan dalam sebanyak 24 sea port. Saya suruh ngitung berapa anggarannya? Rp 60-70 triliun. Kalau nunggu dari APBN, 5 sampai 10 tahun ya nggak mungkin selesai,” ucap suami Iriana ini.


Ia akan memberdayakan para BUMN untuk membangun, dengan cara memberikan payung hukum pada BUMN untuk melaksanakan kegiatan pembangunan infrastruktur tanpa keraguan.


“Sekarang seperti apa? Saya cek lapangan, saya cek kondisi BUMN kita yang berkaitan dengan itu, ternyata bisa. 3 sampai 4 tahun itu nanti akan selesai, dengan catatan memang tidak memakai APBN. Kita ini hanya memberikan payung. Banyak sekali yang BUMN kita bisa lakukan,” sambung Jokowi.


Menurutnya permasalahan bangsa saat ini sudah sangat banyak, namun ia tetap optimistis menyelesaikannya satu per satu.


“Itu hal yang perlu saya sampaikan. Memang negara ini banyak masalah, tapi tidak menyurutkan optimisme, bahwa ke depan jalan kita terbuka lebar untuk membangun bangsa ini,” katanya.


(bar/hen)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Tak Mau Bergantung APBN, Jokowi akan Dorong BUMN Bangun Infrastruktur

No comments:

Post a Comment