Tuesday, September 30, 2014

Ini Para Calon yang Pas Jadi Menko Perekonomian Kabinet Jokowi-JK



Jakarta -Menteri Koordinator Bidang Perekonomian adalah posisi yang cukup krusial dalam pemerintahan. Seorang Menko Perekonomian akan menjadi dirigen yang memimpin para menteri di bidang perekonomian.

Purbaya Yudhi Sadewa, Ekonom Danareksa Research Institute, menyebutkan calon Menko Perekonomian haruslah sosok yang tegas. Kemudian mempunyai semangat ekspansi seiring dengan arah kebijakan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) yang ingin mencapai pertumbuhan ekonomi di atas 7%.


“Harus yang tegas dan mendorong pembangunan dengan cepat. Beberapa tahun ke belakang, tegas dan lemahnya koordinasi jadi masalah,” ujarnya dalam acara Diskusi Seleksi Menteri detik.com di Rumah Maroko, Jakarta, Selasa (30/9/2014).


Di samping itu, lanjut Yudhi, Menko Perekonomian juga harus memiliki pengalaman yang luas. Tidak hanya di bidang ekonomi, tetapi juga aspek lain termasuk politik.


Yudhi merekomendasikan nama Chairul Tanjung dan Luhut Panjaitan sebagai calon Menko Perekonomian di kabinet Jokowi-JK. CT, sapaan Chairul Tanjung, merupakan Menko Perekonomian saat ini. Sementara Luhut adalah Penasihat Senior Tim Transisi Jokowi-JK.


“Kalau saya rasa, Pak CT atau Pak Luhut Panjaitan cocok mengisi posisi tersebut,” ujarnya.


Sementara Ekonom Standard Chartered Fauzi Ichsan menilai, calon Menko Perekonomian harus memiliki kredibilitas, integritas, dan akseptabilitas. Ia pun menjagokan Darmin Nasution dan Chatib Basri.


“Saya pikir adalah Darmin Nasution dan Chatib Basri,” kata Fauzi.


Darmin Nasution terakhir menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI), dan sebelumnya pernah menduduki jabatan Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan. Sedangkan Chatib adalah Menteri Keuangan yang masih aktif.


(mkl/hds)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Ini Para Calon yang Pas Jadi Menko Perekonomian Kabinet Jokowi-JK

No comments:

Post a Comment