Monday, September 29, 2014

Sisa 3 Bulan, Penerimaan Pajak Baru Terkumpul 62%



Jakarta -Hingga 26 September 2014, penerimaan pajak tercatat sekitar Rp 663 triliun. Angka ini hanya 62% dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara-Perubahan (APBN-P) 2014 yang sebesar Rp 1.072,38 triliun.

Fuad Rahmany, Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, mengatakan pihaknya tetap berupaya mencapai target dalam APBN-P 2014 meski tidak banyak waktu yang tersisa.


“Kami akan berupaya untuk mencapai target,” ujar Fuad di kantornya, Senin (29/9/2014).


Menurut Fuad, penerimaan Pajak Penghasilan (PPh) badan sejauh ini memuaskan meski dia tidak memberikan angka yang pasti. Sementara itu, penerimaan dari Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) justru kurang optimal.


“Penerimaan dari PPnBM turun karena adanya LCGC (Low Cost Green Car/mobil murah ramah lingkungan). Tapi tidak jadi masalah, karena tujuannya baik,” kata Fuad.


Selain PPnBM, Fuad juga mengaku bahwa penerimaan pajak orang pribadi juga kurang memuaskan. Oleh karena itu, sektor ini yang akan digenjot.


“Kami bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk mendorong potensi ini,” tutur Fuad. Salah satu pemerintah daerah yang sudah bekerja sama dengan Ditjen Pajak adalah Pemerintah Kota Surabaya.



(hds/hen)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Sisa 3 Bulan, Penerimaan Pajak Baru Terkumpul 62%

No comments:

Post a Comment