Wednesday, April 30, 2014

Syarat Pemimpin Versi Ical, Paham Bisnis Hingga Jago Meyakinkan DPR



Jakarta -Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie menyampaikan soal kriteria-kriteria khusus seorang pemimpin di Indonesia dalam membangun infrastruktur. Setidaknya ada 4 syarat yang harus dipenuhi pemimpin, mulai dari mengerti bisnis hingga jago meyakinkan atau melobi DPR.

“Pertama, kita memerlukan seorang leader yang punya visi, tidak hanya pintar membuat rencana ke depan, tetapi bisa dijalankan. Percuma punya perencanaan MP3EI setebal ini tapi saat mengimplementasikan rencananya tidak bisa,” ucap Ical di acara Indonesia Green Infrastructure Summit 2014, Ritz Carlton di Pacific Place Jakarta, Rabu (30/4/2014).


Politisi yang biasa dipanggil Ical ini mengungkapkan, kriteria kedua yakni pemimpin yang mengerti bisnis, sehingga dapat mengerti rencana yang ia kerjakan.


“Pengalaman saya sebagai Menko, Menko Kesra, Ketua Kadin, Ketua PII dan lainnya, dan merupakan satu-satunya orang yang pernah mengunjungi 400 Kabupaten/Kota bahkan ke Puncak Gunung Yahokimo ketika saya ditugaskan mengentaskan kemiskinan di sana, saya rasa tidak ada presiden bahkan menteri melakukan itu,” ungkapnya.


Ical melanjutkan, kriteria pemimpin yang dapat mendorong infrastruktur adalah pemimpin yang bisa meyakinkan atau melobi DPR.


“Kita ingat 2005 pemerintah naikkan harga BBM tidak akan bisa jika Golkar tidak setuju, kita waktu itu setuju dengan syarat rakyat miskin dapat kompensasi, pada 2012 pemerintah naikkan harga BBM tidak jadi karena Golkar tidak setuju, 2013 BBM bisa batal naik lagi jika Golkar tidak setuju, tapi kita setuju tapi rakyat miskin dapat kompensasi juga,” katanya.


Kriteria terakhir menurut Ical adalah pemimpin yang mampu meyakinkan rakyatnya.


“Ada keputusan yang harus diambil tapi ditentang oleh sebagian rakyat, tapi manfaatnya lebih banyak dari 200.000 rakyat yang menentang keputusannya tetapi 20 juta yang rakyat yang merasakan manfaatnya, itu adalah pemimpin yang berani ambil keputusan demi rakyatnya, memang keputusan apapun tidak mungkin disetujui semua orang, dan itu wajar di era demokrasi,” tutupnya.


(rrd/hen)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Syarat Pemimpin Versi Ical, Paham Bisnis Hingga Jago Meyakinkan DPR

No comments:

Post a Comment