Wednesday, April 30, 2014

Pemerintah Belum Setuju Harga Patokan Gula Naik Jadi Rp 9.500/Kg



Jakarta -Pertemuan antara perwakilan Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) soal Harga Patokan Petani (HPP) gula 2014 berjalan buntu. Pada pertemuan sore ini, pihak petani belum setuju dengan usulan angka HPP gula yang direkomendasikan oleh Kemendag.

Ketua DPN APTRI Sumitro menjelaskan angka rekomendasi HPP gula yang diberikan oleh Kemendag tidak sesuai keinginan para petani. Ia mendesak HPP naik dari Rp 8.100/Kg menjadi Rp 9.500/kg.


“Kita usulnya HPP gula ke Kemendag bulan Februari lalu Rp 9.500/kg karena BPP (Biaya Pokok Produksi) Rp 8.791/kg. Atas dasar itu kita minta keuntungan sebesar 10%. Tetapi Kemendag punya perhitungan lain, pokoknya tidak sesuai dari harapan,” ungkap Sumitro saat ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan Jalan Ridwan Rais Jakarta, Rabu (30/04/2014).


Ia belum berani menyebutkan berapa angka HPP gula yang direkomendasikan Kemendag. Setelah ini, pihaknya akan berkoordinasi kepada Kementerian Pertanian sebagai landasan penentuan HPP gula.


Sumitro menambahkan sudah seharusnya HPP gula tahun 2014 naik karena sudah 2 tahun tak ada perubahan. Pasalnya BPP gula saat ini jauh lebih tinggi dibandingkan HPP gula yang ditetapkan pemerintah. Di tahun 2013, angka HPP gula sama dengan tahun 2012 yaitu Rp 8.100/kg. Angka ini meningkat bila dibandingkan tahun 2011 yang hanya Rp 7.000/kg.


“HPP tahun lalu tidak naik, padahal kalau kita tinjau seharusnya harganya naik,” katanya.


Sebelumnya, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menjelaskan pihaknya sangat berhati-hati menentukan HPP gula tahun 2014. Ia menyebut ada beberapa pertimbangan khusus dalam menentukan HPP gula.


“Pokoknya saya akan umumkan segera. Segeranya itu saya berencana ini keputusan bersama baik Kementan dan petani gula supaya beres. Kenapa? kita menghitung supaya jelas berapa harga gula internasional, berapa harga gula dalam negeri supaya aturannya jelas dan berapa kita punya affirmative action buat petani kita. Supaya semua jelas. Berapa harganya kita tentukan nanti,” jelas Lutfi kemarin.


(wij/hen)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Pemerintah Belum Setuju Harga Patokan Gula Naik Jadi Rp 9.500/Kg

No comments:

Post a Comment