Monday, April 28, 2014

Samsung Raup Laba Rp 85 Triliun, Naik Tipis 6%



Seoul -Samsung Electronics meraup laba 7,57 triliun won (Rp 85 triliun) dalam tiga bulan pertama tahun ini, naik tipis 6% dibandingkan laba tahun sebelumnya pada periode yang sama. Laba ini masih bisa naik tipis meski penjualan smartphone melambat.

Penjualan ponsel Samsung mulai terganggu oleh maraknya ponsel Android buatan Tiongkok dengan harga yang jauh lebih murah. Penjualan ponsel Samsung di Eropa dan Amerika Serikat (AS) pun mulai lesu.


Demi mengejar pertumbuhan, perusahaan asal Korea Selatan itu juga mendiversifikasi produknya dengan memproduksi memory chips sampai peralata rumah tangga. Namun omzet terbesarnya tetap disumbang dari penjualan ponsel.


Di industri smartphone, Samsung tidak hanya harus bertarung dengan dengan Apple yang menjual ponsel high-end, tapi juga harus bertahan dari serangan ponsel-ponsel Android buatan Tiongkok.


Seperti dikutip dari AFP, Selasa (29/4/2014), pendapatan Samsung pun hanya naik 1,53% saja menjadi 53,7 triliun won (Rp 603,19 triliun) dibandingkan tahun sebelumnya. Tapi pendapatan dari divisi ponsel turun 2,5%.


Laba operasinya juga turun 3,3% secara tahunan di akhir Maret yaitu sebesar 8,49 triliun won (Rp 95,36 triliun). Laba operasinya ini juga turun 6% dibandingkan triwulan sebelumnya.



(ang/hds)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Samsung Raup Laba Rp 85 Triliun, Naik Tipis 6%

No comments:

Post a Comment