Tuesday, April 29, 2014

Produk Nuklir Kesehatan RI Dipakai di Malaysia Sampai Tiongkok



Jakarta -Salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah mampu mengembangkan dan memproduksi produk nuklir kesehatan dengan pengayaan uranium tingkat rendah. Produk yang dihasilkan adalah radioisotop.

Produk ini biasa digunakan untuk radioterapi menyembuhkan penyakit seperti kanker. Radioisotop yang diproduksi PT Batan Tekno (Persero) ini sudah diekspor ke Malaysia, Filiphina, Vietnam, Bangladesh hingga Tiongkok.


“Kita harus bangga. Kita satu-satunya produksi radioisotop di Asia. Kita ekspor ke Vietnam, Bangladesh, Tiongkok, Malaysia, Filiphina. Ini untuk keperlukan kesehatan seperti menyembuhkan kanker, penyempitan pembuluh darah,” Kata Direktur Utama Batan Tekno Yudiutomo Imardjoko pada acara Indonesia Green Infrastructure Summit 2014 di Pacific Place, Jakarta, Selasa (29/4/2014).


Radioisotop produksi BUMN bidang nuklir ini juga diakui kehebatannya oleh lembaga dunia. Radioisotop Batan Tekno merupakan produk nuklir dengan pengayaan uranium paling rendah untuk keperluan kesehatan.


“Kita satu-satunya yang pakai tingkat uranium pengayaan tingkat rendah. Tahun lalu kita menangkan the best di dunia yang pakai pengayaan uranium tingkat rendah,” sebutnya.


Meski berjaya di luar negeri, radioisotop buatan Batan Tekno kurang memperoleh tempat khusus di dalam negeri. Baru 16 rumah sakit tanah air yang memakai radioisotop buatan Indonesia ini. Padahal di luar negeri produk radioisotop Indonesia sangat diburu dan diakui keandalannya.


“Dukungan pemerintah juga rendah. Baru 16 Rumah Sakit di Indonesia yang pakai produk ini. Kalau di luar negeri banyak yang pakai,” paparnya.



(feb/ang)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Produk Nuklir Kesehatan RI Dipakai di Malaysia Sampai Tiongkok

No comments:

Post a Comment