Monday, April 28, 2014

Bank Mandiri Berambisi Masuk 3 Besar Bank Level ASEAN



Jakarta -PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) terus berupaya mencapai target 3 bank besar berskala ASEAN, salah satunya dengan meningkatkan aset perseroan. Per Maret 2014, aset Bank Mandiri mencapai Rp 729,5 triliun.

Direktur Keuangan Bank Mandiri Pahala N. Mansury menyebutkan, Bank Mandiri bertekad untuk bisa masuk posisi 3 bank besar berskala ASEAN dengan cara meningkatkan pertumbuhan aset.


Market cap kita saat ini kurang lebih Rp 230 triliun, di ASEAN kita masih ke 6-7. Inginnya top 3. Kita bukan hanya mengejar aset tapi nlai perusahaan yang akan kita bangun,” kata Pahala usai Paparan Publik Laporan Keuangan KUartal I-2014 di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (28/4/2014).


Untuk mencapai itu, Pahala menuturkan perlu adanya aksi korporasi besar. Menjadi salah satu bank besar di ASEAN juga diperlukan dilakukan untuk menghadapi pasar bebas sektor keuangan ASEAN 2020.


“Untuk bersaing perlu invest di IT, promotion, branding. Kalau tidak, kita tidak bisa berkembang. Sebelum pasar dibuka, kita harus persiapan dulu, semua harus disiapin dari sekarang,” kata Pahala.


Salah satu cara meningkatkan aset adalah dengan menggenjot bisnis anorganik melalui akuisisi perusahaan lain. Namun, Bank Mandiri belum mau berkomentar lebih jauh soal rencana mengakuisisi PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN).



“Terus terang kita masih belum tahu, nanti kita akan umumkan per tanggal 5 Mei 2014. RUPSLB tanggal 21 Mei nanti akan ada pemanggilan, agenda lain juga nanti tanggal 5 Mei,” tutur Pahala.


Pahala mengungkapkan, pihaknya akan mengikuti aturan pemerintah terkait hal ini. Meski demikian, Bank Mandiri telah menyiapkan dana untuk pengembangan bisnis anorganik perseroan tahun ini sekitar Rp 11-12 triliun.


“Kita masih terlalu awal untuk bicara. Kita lihat pemerintah atau Kementerian BUMN, tentunya kita akan turut pada keputusan pemerintah,” kata Pahala.


(drk/hds)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Bank Mandiri Berambisi Masuk 3 Besar Bank Level ASEAN

No comments:

Post a Comment