Friday, May 24, 2013

Pemerintah Anggarkan Rp1,2 Triliun Revitalisasi Pasar Tradisional



Demak (ANTARA) – Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan pemerintah serius melakukan perbaikan pasar tradisional di Tanah Air dengan menyediakan anggaran revitalisasi sebesar Rp1,2 triliun pada 2013.


“Dana sebesar itu akan digunakan untuk mendukung program revitalisasi pasar tradisional di 33 provinsi di Tanah Air,” ujarnya, ditemui usai kunjungan kerja di Kabupaten Demak, Jumat.


Ia mengatakan, program tersebut sudah mulai bergulir karena sudah diresmikan pasar percontohan maupun tidak.


Demikian halnya, kata dia, program tersebut juga sudah digulirkan di Jateng, karena sebelumnya sudah berkunjung ke Kabupaten Kendal serta mengunjungi Pasar Bintoro, Demak, serta program serupa di beberapa provinsi lainnya.


Sejumlah pasar di Tanah Air, katanya, sudah puluhan tahun belum dilakukan revitalisasi, sehingga pemerintah mengalokasikan anggaran dana yang cukup besar, karena tahun sebelumnya hanya berkisar Rp500 miliar hingga 600 miliar.


Pada kesempatan tersebut, Gita juga menyinggung, keberadaan Pasar Cokro Klaten yang dinilai patut dijadikan contoh sebagai pasar tradisional yang mulai mengedepankan tingkat kebersihan pasar.


“Aktivitas pedagang tidak hanya terbatas pada siang hari, karena pada malam hari juga masih ada aktivitas usaha,” ujarnya.


Hal tersebut, kata dia, semakin banyak peluang untuk mengembangkan usahanya.


“Kami berharap, kedisiplinan para pedagang dalam menjaga lingkungan pasar tetap bersih harus dipupuk serta dipertahankan,” ujarnya.


Kondisi pasar yang kurang bersih, kata dia, bisa mengurangi daya tarik masyarakat untuk berbelanja di pasar, sehingga bisa berdampak mahalnya harga jual barang di pasar tradisional, karena kurang laku.


Padahal, kata dia, pasar tradisional saat sekarang dituntut bisa meningkatkan daya saingnya terhadap pasar modern.


Untuk itu, dia berharap, para pedagang mulai berbenah, menyusul sarana dan prasarana pasar juga mulai dibenahi lewat program revitalisasi pasar.


Terkait harapan Pemkab Demak agar keberadaan Pasar Mranggen diperbaiki lewat bantuan dana dari Pemerintah Pusat, Gita menyatakan, kesediaannya untuk membantu Pemkab Demak.


“Silakan mengajukan proposal kegiatan yang solid, konkret dan jelas kebutuhannya,” ujarnya.(rr)





Pemerintah Anggarkan Rp1,2 Triliun Revitalisasi Pasar Tradisional

No comments:

Post a Comment