Monday, May 13, 2013

BRI Uji Coba Branchless Banking di Jatim dan Bali



TEMPO.CO, Jakarta – Juru bicara PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Muhammad Ali siap melakukan uji coba penerapan branchless banking (bank tanpa kantor cabang) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dan Kabupaten Buleleng, Bali.



»Sesuai surat edaran BI, kalau branchless banking itu di unit kerja yang tidak terlalu banyak tapi masyarakatnya padat serta ada infrastruktur,” ucapnya di kantor pusat BRI I, Jakarta, Senin 13 Mei 2013.



Dia menjelaskan uji coba yang di laksanakan di Kabupaten Banyuwangi terdapat di Kecamatan Regojampi, Kecamatan Sempu, dan Kecamatan Muncar. Sedangkan di Kabupaten Buleleng terdapat di Kecamatan Gerokgak dan Kecamatan Tejakula.



Untuk melaksanakan branchless banking ini, BRI menggandeng perusahaan telekomunikasi PT Telkom dengan mobile Telkomsel. BRI akan menggunakan unit kerja teras BRI untuk melaksanakan branchless banking sebagai agen yang akan mobile di kecamatan yang telah ditentukan. »Nanti Telkom juga ada agen,” ucap Ali.



Nasabah nantinya bisa menabung melalui agen yang terdapat di wilayahnya tanpa harus datang ke bank, namun agen branchless yang akan menghampiri mereka. Dari layanan branchless banking ini, nasabah juga bisa transfer uang melalui layanan e-banking melalui perangkat handphone yang dimilikinya. »Untuk transfer, ngambil uangnya bisa lewat ATM atau datang ke bank,” kata Ali.



Dari sisi keamanan, menurut Ali, branchless ini terdapat tiga lapis keamanan, yaitu nomor HP, password dan token. »Token hanya berfungsi 30 menit, kalau lebih dari 30 menit nanti bisa minta ke pegawai bank,” ujarnya.



Sebelumnya, Bank Indonesia menyatakan akan melakukan uji coba branchless banking terbatas pada 8 provinsi dan dilakukan antara bulan Mei hingga bulan November 2013. Layanan perbankan ini utamanya ditujukan untuk melayani unbanked dan underbanked people atau masyarakat yang belum tersentuh layanan keuangan seperti transfer, menabung, dan kredit.



Produk yang akan diuji cobakan yakni e-money yang diterbitkan perusahaan telekomunikasi dan produk yang diterbitkan bank yakni produk tabungan yang bebas biaya administrasi dan diberikan bunga (TabunganKu), layanan e-banking dengan menggunakan telepon genggam, dan penyaluran kredit mikro.



LINDA TRIANITA



Berita Terpopuler:


Teka-teki Wiji Thukul, Tragedi Seorang Penyair 


Menikah, Sefti Tak Tahu Fathanah Dibui 5 Tahun


Tri Kurnia, Istri Fathanah, Pernah Juara Sinetron


Wartawan Masuk Gedung PKS, Kader Diam 5 Menit


Datang ke KPK, Anis Matta Didampingi Petinggi PKS 






BRI Uji Coba Branchless Banking di Jatim dan Bali

No comments:

Post a Comment