Tuesday, May 21, 2013

ESDM: Seluruh Korban Longsor Freeport Ditemukan  



TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengumumkan bahwa seluruh korban insiden Big Gossan sudah ditemukan. Tercatat dari 38 peserta training, 10 orang luka-luka dan 21 orang meninggal.



“Sore tadi kami sudah mendapat kabar dari Basarnas bahwa semua sudah ketemu,” kata Direktur Jenderal Mineral dan Batu Kementerian Energi, Thamrin Sihite, di kompleks parlemen Senayan, Selasa, 21 Mei 2013.



Thamrin mengatakan instruksi lanjutan dari pemerintah adalah melakukan evaluasi atas kejadian tersebut. “Kami harus mengumpulkan data, kemudian mengetahui apa penyebabnya,” kata dia. Pihaknya menduga ada unsur struktur geologis yang mempengaruhi kestabilan ruang bawah tanah.



Menteri Energi Jero Wacik mengaku telah memerintahkan penghentian operasi di Freeport. “Semua harus dicek, jangan ada dulu orang keluar-masuk lorong itu,” ujar Jero.



Selain itu, ia mengaku telah memanggil pihak PT Aneka Tambang untuk mengecek di mana saja ada tambang bawah tanah. “Agar kejadian seperti ini tidak terulang,” ujarnya.



Pada 14 Mei 2013, terowongan fasilitas pelatihan tambang bawah tanah PT Freeport Indonesia runtuh. Akibatnya, diperkirakan 38 pekerja terjebak dalam reruntuhan terowongan yang terletak di Kecamatan Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua.



Freeport Indonesia mencatat 10 korban luka dan 14 korban jiwa hingga saat ini. Lima pekerja yang mengalami luka-luka telah dibawa ke Jakarta dan dalam kondisi stabil. Sedangkan lima pekerja lain yang juga mengalami luka-luka saat ini dirawat di Rumah Sakit Tembagapura.



AYU PRIMA SANDI




Topik Terhangat:


Kisruh Kartu Jakarta Sehat | Menkeu Baru | PKS Vs KPK | Vitalia Sesha | Ahmad Fathanah





Berita Terpopuler:


Skenario Tukar Kursi, Lobi Fathanah di Pesawat 


Calon KSAD Moeldoko Diingatkan ‘Operasi Sajadah’ 


Diajak Mesum, Gadis Bercadar Nekat Potong ‘Burung’ 


Gadis Bercadar Jadi Tersangka Pemotong ‘Burung’ 


Gadis Bercadar Potong ‘Burung’, Polisi Terkecoh 





ESDM: Seluruh Korban Longsor Freeport Ditemukan  

No comments:

Post a Comment