Friday, May 17, 2013

Kementan Kembangkan Usaha Hortikultura Skala Luas



Jakarta (ANTARA) – Kementerian Pertanian mendorong pengembangan usaha hortikultura berskala luas atau “estate” untuk meningkatkan daya saing produk tersebut di pasar global.


Sekretaris Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (PPHP) Kementerian Pertanian Yazid Taufik di Jakarta, Jumat mengatakan, salah satu penyebab rendahnya daya saing komoditas hortikultura nasional saat ini karena kecilnya skala usaha yang dikembangkan petani.


“Kunci daya saing itu adalah skala ekonomis, tanpa itu agak sulit disamping berbicara daya saing kita mulai menjadi untuk menjadi profesional,” ucapnya.


Menurut dia, petani dalam negeri yang memiliki skala usaha hortikultura kecil tersebut, jelas akan kalah kalau dihadapkan dengan petani luar yang lahannya 50 hektare.


Yazid menyatakan, luas lahan pertanian di Indonesia sekitar 40,6 juta hektare merupakan modal besar untuk pengelolaan pertanian yang baik.


“Kita punya luas lahan yang cukup besar untuk dikelola dengan baik,” ujarnya



Dikatakannya, beberapa waktu lalu Menteri Pertanian juga telah meresmikan perkebunan mangga dalam skala luas di Gresik, Jawa Timur.


Sebelumnya saat menyampaikan sambutan dalam Pertemuan Bakohumas Kementerian Pertanian di Surabaya, 14 Mei 2013 lalu, Sesditjen PPHP menyatakan, guna meningkatkan nilai tambah, daya saing, dan kemandirian pangan, para pelaku pertanian diimbau bisa lebih meningkatkan pengetahuannya guna bisa melahirkan inovasi lebih.


Hal itu, lanjutnya, guna menghadapi tantangan globalisasi yang sebentar lagi akan menyerang perekonomian Indonesia.


Sementara itu, menurut dia, sebagai upaya meningkatkan daya saing petani hortikultura dalam menghadapi persaingan global maka pihaknya melakukan pembinaan terhadap mereka.


Yazid menyatakan, setiap tahun Ditjen PPHP mengalokasikan anggaran utk memfasilitasi petani yang mana besarannya hingga 80 persen dari total anggaran untuk Ditjen tersebut.


“(Anggaran tersebut) diserahkan ke daerah, mereka yang mengelola dan kami seleksi sesuai dengan sasaran yang ditentukan kemudian dikawal oleh daerah,” katanya.(ar)





Kementan Kembangkan Usaha Hortikultura Skala Luas

No comments:

Post a Comment