Tuesday, February 24, 2015

Ini Oleh-oleh Menteri Susi Setelah Pulang dari Australia



Jakarta -Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan meningkatkan kualitas Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Indonesia. Ia terinspirasi dari TPI di negara-negara tetangga seperti Australia.

Susi meminta Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk membangun TPI seperti di Australia dan Singapura.


“Saya meminta Dirjen pemasaran untuk menyiapkan pasar-pasar atau TPI supaya hasil perikanan laut dan darat mempunyai tempat pemasaran. Bapak saya minta belajar dari Sydney (Australia) dan Jurong Singapura juga baik untuk dilihat bersih,” kata Susi saat ditemui di Gedung Mina Bahari I, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Selasa (24/2/2015).


Susi beberapa hari terakhir sempat melakukan kunjungan kerja ke Australia. Ia sempat melihat TPI di Sydney, Australia yang sangat bersih. Selain itu, di Sydney pembeli bisa melakukan lelang ikan dengan cara online.


“Di Sydney itu close market jadi kita berharap itu tuna Indonesia dan ekspor ikan segar bisa masuk dengan cara itu sangat bersih tertutup kualitasnya, kredibel,” imbuhnya.


Susi ingin konsep TPI yang ada Sydney bisa ditiru di TPI Muara Baru, Jakarta Utara. Selain itu, Susi juga ingin Indonesia memiliki wisata kapal sea world seperti di Australia. Wisata taman bawah laut Sea World baru diperkenalkan di Jakarta melalui Taman Impian Jaya Ancol namun berbasis gedung bukan kapal laut.


“Mimpi punya kapal sea world seperti yang ada di Australia,” cerita Susi.



(wij/hen)






Ini Oleh-oleh Menteri Susi Setelah Pulang dari Australia

No comments:

Post a Comment