<!–TITOL:

USD/JPY Naik Karena Permintaan “Safe-Haven” Mata Uang Jepang Memudar


FITITOL–>




FXstreet.web.id – USD/JPY sedang diperdagangkan naik para hari Jumat – sementara berada sedikit di bawah tekanan sejak awal pembukaan sesi Eropa – karena fakta bahwa mata uang Jepang memiliki kinerja yang lemah secara keseluruhan karena permintaan safe haven memudar di tengah harapan kesepakatan anggaran AS.

USD/JPY melonjak saat Nikkei dan perpanjangan pemulihan posisi jual jelang akhir pekan panjang


USD/JPY terus mendirikan pergeseran tren yang sangat bullish setelah sudah ditutup pada wilayah positif untuk seri tiga hari. Para pedagang mungkin menemukan beberapa alasan tren bullish dengan mudah; pertama, karena dikenal secara luas ada korelasi negatif antara mata uang Jepang dan indeks Nikkei, karena itu lebih masuk akal bahwa ketika Nikkei naik sentimen risikonya adalah “on”, sehingga mata uang Jepang kehilangan daya tarik safe haven-nya secara signifikan. Oleh karena itu setelah kenaikan berat di Nikkei (Nikkei ditutup naik 1,48% di 14404,74), masuk akal bahwa mata uang Jepang akan berperforma lemah, sehingga pasangan ini akan melanjutkan pergeseran tren naik. Terlebih lagi, melihat ke balik tirai alasan utama kenaikan tajam Nikkei Jumat ini dapat dikaitkan dengan fakta bahwa Republik menawarkan untuk menaikkan plafon utang selama 6 minggu, sehingga “risk-on” menyerang kembali. Dengan demikian, mata uang Jepang kehilangan daya tarik safe haven-nya dan greenback mendapatkan dorongan kuat pada meredanya “kekhawatiran” fiskal AS. Pedagang yang berhati-hati akan menyadari bahwa ada banyak stop yang tersentuh di area 97,90-98,10 (karena perpanjang pemulihan singkat) dan itu merupakan pendorong utama kelanjutan pergeseran tren pasangan ini. Di depan, juga ada beberapa stop di area 98,70-99,10, karena itu jika tersentuh, pasangan ini kemungkinan akan bergerak lebih tinggi.


Aspek Teknikal USD/JPY


Saat penulisan pasangan ini sedang diperdagangkan dekat 98,30 dimana MA 50 harian berada, memberikan support solid. Selanjutnya, melihat ke atas kita bisa melihat resisten di area 98,60, dimana MA 100-hari dapat ditemukan. Sebelumnya pada kick off sesi perdagangan Asia pasangan ini temukan dirinya dekat area 98,60 tapi gagal untuk menyentuh, namun pasangan ini cetak tertinggi baru bulanan (98,55). Karen Jones, Head Technical Analyst di Commerzbank menyebutkan bahwa “USD/JPY terus melihat rebound kuat dari MA 200-hari di 96,89. Pasar telah mengikis garis resisten jangka pendek dan MA 55-hari di 99,20 untuk mencapai retracement 50% di 98,58. Langkah ini tampak terarah dan sementara sebuah tantangan ke puncak kisaran baru-baru ini di 99,76/100,62 adalah masuk akal kita mencari level tersebut tertahan – kita menetralkan prospek bullish kami baru-baru ini. Penurunan intraday akan menemukan support minor di 97,55 di depan 96,89 MA 200-hari. Level-level tersebut menjaga garis support 5 bulan di 95,70.”


** Ruang Berita FXstreet.web.id, FXstreet.com **