Monday, October 14, 2013

Slot Penerbangan Darurat Soekarno-Hatta Dikurangi



TEMPO.CO, Jakarta -Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) menyatakan jatah slot penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, segera dikurangi. “Mulai 27 Oktober mendatang,” ujar Direktur Keselamatan dan Standar LPPNPI, Wisnu Darjono, saat dihubungi Tempo, Senin, 14 Oktober 2013.



Ia menjelaskan, sebelumnya penerbangan darurat atau yang bersifat “unexpected”, memiliki jatah slot 20 persen dari total penerbangan per hari. Sedangkan 80 persen slot penerbangan sudah digunakan untuk penerbangan komersial berjadwal serta penerbangan dengan pesawat sewaan. Namun, dengan kepadatan Bandara Soekarno-Hatta saat ini, kata dia, jatah slot untuk penerbangan darurat pun dikurangi.



“Karena sekarang yang untuk penerbangan komersial berjadwal serta yang memakai pesawat sewaan total 90 persen dari total slot,” ucapnya. Meski demikian, Wisnu menyebut angka 10 persen untuk slot penerbangan darurat masih dalam batas toleransi.



Wisnu menjelaskan, sebenarnya Bandara Soekarno-Hatta masih mampu menampung 75-76 pergerakan pesawat dalam satu jam. Namun, ia menuturkan, slot untuk lima penerbangan tidak boleh diberikan untuk penerbangan komersial berjadwal maupun penerbangan dengan pesawat sewaan, karena dialokasikan untuk penerbangan yang bersifat darurat. Ia menyatakan, slot penerbangan darurat biasanya dimanfaatkan oleh pesawat yang mengalami kesulitan saat terbang dan harus kembali ke bandara asal atau “return to base”.



Ia menjelaskan, slot time penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta harus segera dirapikan karena pertumbuhan penerbangan domestik dan asing yang semakin tinggi. Saat ini, kata dia, tercatat ada 1.215 penerbangan, termasuk kedatangan dan keberangkatan dalam satu hari di bandara itu. Wisnu menuturkan, sesungguhnya ada waktu-waktu yang masih sepi dan bisa dimanfaatkan maskapai.



“Misalnya, jam 22.00-23.00 hanya ada 50 pesawat dalam satu jam,” ujar Wisnu. Namun waktu tersebut dinilainya bukan “golden time” bagi maskapai. Kebanyakan penumpang, ia melanjutkan, memilih untuk terbang pada pukul 07.00 – 09.00.



MARIA YUNIAR


Terhangat:


Ketua MK Ditangkap | Dinasti Banten | Dolly Riwayatmu



Baca juga:


Jakarta Pawai 1000 Bedug, Sejumlah Jalan Ditutup


Libur Panjang Idul Adha, Jalur Puncak Macet


Hari Ini SBY Sumbang Sapi ke Masjid Istiqlal


Sapi Mal Kurban di Depok Ada 4 Kategori






Slot Penerbangan Darurat Soekarno-Hatta Dikurangi

No comments:

Post a Comment