<!–TITOL:

Laporan Bulanan ECB Menegaskan Kembali Forward Guidance pada Tingkat Pertumbuhan


FITITOL–>




FXstreet.web.id – Dalam Laporan Bulanan ECB bulan Oktober Dewan Gubernur menegaskan kembali forward guidance bahwa tingkat pertumbuhan akan tetap pada tingkat rendah saat ini atau level-level yang lebih rendah untuk periode yang diperpanjang dalam waktu tertentu untuk mendukung pemulihan bertahap dalam kegiatan ekonomi zona euro.

ECB mengingatkan bahwa setelah enam kuartal berturut-turut dalam pertumbuhan yang negatif di kawasan ini, sebuah kenaikan 0,3% tercatat pada kuartal kedua 2013. Ini menunjukkan bahwa output akan “pulih dalam laju yang lambat, khususnya akibat perbaikan secara bertahap dalam permintaan domestik didukung oleh kebijakan moneter yang akomodatif.” Permintaan eksternal yang lebih kuat untuk ekspor juga diperkirakan akan meningkatkan pertumbuhan.


Namun demikian, laporan daftar beberapa faktor yang masih bisa menyakiti pemulihan seperti ketegangan geopolitik berlanjut di seluruh dunia, meningkatnya harga-harga komoditas, potensi perlambatan dalam permintaan global atau kegagalan pemerintah nasional Uni Eropa untuk melaksanakan reformasi struktural tepat waktu.


Selanjutnya, laporan berisi analisis perkembangan harga komoditas baru-baru ini dan implikasinya terhadap kebijakan moneter ECB serta penjelasan tentang peran suku bunga acuan seperti EURIBOR.


** Ruang Berita FXstreet.web.id, FXstreet.com **