Thursday, November 27, 2014

Selain Dikonsumsi Sebagai Obat Kuat, Napoleon Juga Jadi Ikan Hias



Jakarta -Daging ikan Napoleon Wrasse (Cheilinus undulatus) dianggap cukup enak, bahkan bibir dower ikan ini berkhasiat sebagai obat kuat kaum pria. Ikan ini memang punya penampilan buruk, namun bentuk unik dan warnanya yang mencolok membuat ikan ini salah satu jenis ikan kias.

“Memang ada yang dijadikan ikan hias tetapi tidak begitu banyak,” kata Catch and Shark Conservation Coordinator WWF Indonesia Dwi Aryoga Gautama kepada detikFinance, Jumat (28/11/2014).


Yoga mengatakan mayoritas penjualan ikan Napoleon memang ditujukan untuk konsumsi. Di Hong Kong, menu makanan ikan Napoleon adalah salah satu jenis makanan yang berharga cukup mahal.


“Tetapi memang aturannya yang diperdagangkan ini dalam level konsumsi karena dagingnya enak. Di Hong Kong dan Tiongkok ikan Napoleon bisa dibilang sebagai makanan bergengsi,” katanya.


Sebelumnya Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Saut P Hutagalung mengatakan daging ikan Napoleon sangat enak.


“Dagingnya saja enak,” kata Saut.


Daging ikan Napoleon juga lembut bahkan dijadikan simbol status sosial dan ekonomi bagi yang memakannya. Misalnya menu ikan Napoleon yang ada di Hong Kong disebut sio moy.Next



(wij/hen)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Selain Dikonsumsi Sebagai Obat Kuat, Napoleon Juga Jadi Ikan Hias

No comments:

Post a Comment