Friday, November 28, 2014

DIRUT PERTAMINA: Dwi Soetjipto Janji Bawa RI Berdaulat Energi





Dwi Soetjipto/Antara











Bisnis.com, JAKARTA–Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Tbk. Dwi Soetjipto yang baru saja ditunjuk, berjanji akan membawa Indonesia lebih berdaulat dalam bidang energi.


Dwi mengungkapkan hal itu, setelah diumumkan sebagai Dirut Pertamina oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Mariani Soemarno dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said di Kantor Menteri BUMN, Jumat (28/11/2014).


Berikut janji lengkap Dwi Soetjipto:


Ini tidak hanya sebagai kehormatan tentu saja buat saya, atas apa yang telah kami atau kita semua di Semen Indonesia di perjuangkan selama ini dan tentu saja untuk seluruh jajaran PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.


Namun yang lebih berarti lagi, penugasan ini adalah amanah yang berat. Sebagaimana yang diarahkan oleh bapak presiden untuk mewujudkan bumi, air, dan kekayaan di dalamnya dikuasai oleh negara dan sepenuhnya dipergunakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat.


Kedua, saya memahami bahwa betapa besar harapan rakyat terhadap Pertamina ini. Karena itu tugas saya dengan rekan-rekan direksi nantinya dan seluruh jajaran Pertamina nantinya adalah bagaimana memenuhi harapan-harapan yang ada tersebut.


Dalam waktu yang sangat pendek, sebagaimana arahan presiden atas skala prioritas kami yaitu, pertama, menjadikan Pertamina sebagai ujung tombak untuk mewujudkan visi bapak presiden agar Indonesia berdaulat di bidang energi.


Kedua melakukan peningkatan efisiensi dan produktivitas di seluruh proses bisnis di Pertamina, dari hulu hingga hilir. Sehingga ke depan kinerja Pertamina bisa meningkat lebih baik lagi.


Direksi Pertamina sadar bahwa kami harus ikut memastikan agar tanggungjawab terhadap BBM bersubsidi agar benar-benar tepat sasaran. Kami akan menerapkan cara-cara khusus baik secara pendekatan sistem maupun teknologi. Agar kita bisa mencegah kebocoran subsidi yang terjadi.


Ketiga, kami segera menjalankan arahan presiden agar Pertamina segera serius berbenah termasuk bagaimana mengatasi berbagai bentuk penyimpangan yang ada dan bagaimana mengelola Pertamina agar lebih transparan, dan oleh karena itu, kita akan mereview titik-titik yang menjadi sorotan masyarakat selama ini.


Juga termasuk kami mereview suply chain yang lebih baik, antara transport dan kontrak jangka panjang menengah, termasuk storage capacity agar proses suply chain ini bisa lebih dikelola dengan sebaik-baiknya lebih optimum ke depan.


Kami percaya bahwa Pertamina jika dikelola benar-benar secara baik dan dengan kerja keras seluruh pihak. Insya Allah bisa menjadi BUMN yang membanggakan.


Tentu saja kami berharap adanya kerjasama yang baik dan hubungan dari semua pihak, terutama rekan-rekan saya dan sahabat-sahabat saya dari media yang selama ini sudah melahirkan dan mendorong saya hingga seperti yang ada pada hari ini.


Maka, kami mengundang dan mengajak kawan-kawan semua lagi, untuk itu tolong saya dibantu agar kita bisa menjalankan amanah dan tugas untuk Pertamina ini bersama-sama. Demikian dari saya.



Editor : Saeno












































DIRUT PERTAMINA: Dwi Soetjipto Janji Bawa RI Berdaulat Energi

No comments:

Post a Comment