Thursday, November 27, 2014

Menteri Susi Sebut Ada Mafia Migas, Beras, Hingga Mafia Maritim



Jakarta -Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengungkapkan praktik mafia juga terjadi di sektor maritim atau di perairan laut. Selama ini lebih dikenal ada istilah mafia minyak dan gas (migas), hingga mafia impor dan lainnya.

“Ada mafia migas, beras, di sektor maritim ada yang dinamakan ocean crime,” sebut Susi di Gedung Mina Bahari I, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Kamis (27/11/2014).


Susi menjelaskan yang dimaksud ocean crime antara lain kegiatan perdagangan manusia (human trafficking). Wilayah Asia Tenggara khususnya menjadi pusat perhatian karena besarnya praktik perdagangan manusia.


“Di Asia Tenggara praktik ini menjadi gate awal trafficking line untuk memasukan human trafficking,” tambahnya.


Ia mengungkapkan umumnya tindakan penyelundupan manusia dilakukan dengan menggunakan kapal-kapal nelayan. Manusia diselundupkan melalui celah-celah wilayah laut di Asia Tenggara yang minim pengawasan.


“Banyak orang Myanmar yang dinaikkan kapal, karena beberapa lokasi arusnya cukup cepat. Dari Wakatobi ke Australia itu bisa hanya 2 hari. Crime of humanity melalui kapal-kapal perikanan cukup banyak,” kata Susi.



(wij/hen)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Menteri Susi Sebut Ada Mafia Migas, Beras, Hingga Mafia Maritim

No comments:

Post a Comment