Sunday, November 30, 2014

Mengintip Rencana Penyaluran Kredit Bank-bank BUMN Tahun Depan



Jakarta -Bank-bank BUMN tengah menyiapkan Rencana Bisnis Bank (RBB) untuk 2015. Perbankan masih optimis kredit tetap tumbuh, meski situasi ekonomi penuh tantangan.

Sofyan Basir, Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menargetkan pertumbuhan kredit 2015 pada kisaran 16-20%. Lebih baik dibandingkan perkiraan tahun ini yaitu 16-17%. Ini seiring dengan perbaikan iklim bisnis dan kondusifnya situasi politik dalam negeri.


“(Kredit) tumbuh antara 16-20%. Harus lebih bagus dari tahun ini. Iklim bisnis sudah kondusif dan politik mudah-mudahan selesai akhir tahun,” ungkapnya di kawasan Kanal Banjir Timur (KBT), Jakarta, Minggu (30/11/2014).


Sedangkan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menargetkan pertumbuhan kredit sekitar 17% untuk tahun depan. Tidak berubah dibandingkan 2014. Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin menyebutkan, situasi ekonomi masih perlu disikapi secara hati-hati.


“Nggak jauh dari tahun ini, karena ekonominya masih kira-kira sama dari tahun ini. Kan BBM naik lagi, jadi kami tetap hati-hati. Beban juga naik,” jelasnya.


Maryono, Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) menargetkan pertumbuhan kredit antara 18%-20%. Meningkat dibandingkan tahun ini yang diperkirakan 15-17%. Perseroan menilai kondisi ekonomi akan lebih baik, dan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya komitmen untuk membangun sektor perumahan.


“Saya lihat pertumbuhan ekonominya lebih baik. Program pemerintah juga menaikkan subsidinya 2 kali lipat untuk pembangunan rumah. Sehingga ini juga harus kita ikuti,” kata Maryono.



(mkl/hds)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Mengintip Rencana Penyaluran Kredit Bank-bank BUMN Tahun Depan

No comments:

Post a Comment