Friday, August 29, 2014

Pabrik Es di Pulau Bacan Dibangun Tanpa Listrik PLN



Jakarta -BUMN bidang perikanan, PT Perikanan Nusantara (Persero) yang menggarap kembali sektor perikanan di Pulau Bacan, Halmahera Selatan, Maluku Utara, dengan membangun infrastruktur pabrik es. Namun pabrik es yang dibangun perseroan belum tersentuh listrik PLN.

“Kita memang saat ini harus mem-back up dengan genset. Kita lakukan efisiensi. Kapal Mina Jaya yang tadi kan kapasitas 150 ton. Di dermaga ketika merapat tidak lagi memakai listrik PLN. Ini memang dirasakan sekarang listrik belum stabil,” kata Direktur Utama PT Perikanan Nusantara, ‎Abdussalam Konstituanto ketika berbincang di Pulau Bacan, Jumat (29/8/2014).


Untuk menghadapi kondisi tersebut, perseroan memanfaatkan listrik dari genset yang membutuhkan banyak BBM solar. Ia mengatakan bahwa dengan harga solar yang tinggi maka upaya untuk mengefisiensi produksi tentu akan terganggu. ‎


Abdussalam menyambut positif gagasan dari Menteri BUMN Dahlan Iskan tentang energi alternatif sangatlah bagus dan harus diwujudkan, di Pulau Bacan untuk memasok kebutuhan pabrik es hingga dermaga ikan.


“Nah itu kan tergantung juga bagaimana pemda mengembangkan masyarakat untuk menanam pohon (kaliandra) itu. Nanti bisa menghasilkan listrik,” ucapnya.


Salam juga mengatakan bahwa Pulau Bacan menjadi lumbung ikan di Indonesia Timur. Namun tanpa penanganan yang baik, maka potensi itu justru malah kurang tergali.


“Saat ini kuncinya efisiensi, karena kalau nggak ya penyebab maju mundurnya bisnis perikanan di Indonesia ya itu,” kata Salam.


Kapasitas pabrik es untuk tahap awal 20 ton per hari, untuk selanjutnya bisa dikembangkan hingga 50 ton per hari.


Investasi pabrik es Bacan mencapai Rp 3 miliar. Sedangkan untuk pabrik es di Sorong, Papua, PT Perikanan Nusantara menggelontorkan uang Rp 15 miliar termasuk untuk ice storage dan cold storage.


(dha/hen)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Pabrik Es di Pulau Bacan Dibangun Tanpa Listrik PLN

No comments:

Post a Comment