Sunday, August 31, 2014

Bagai Diputar Angin, Ini Dia Gedung Tertinggi di Swedia



Jakarta -Berputar di Malmo, kota terbesar ketiga di Swedia, mata ini ditarik oleh pemandangan sebuah gedung unik berwarna putih.

Gedung itu ternyata Turning Torso, yang merupakan gedung tertinggi di Swedia. Bahkan menurut penduduk setempat, gedung itu merupakan yang tertinggi di Skandinavia.


Pekan lalu, detikFinance memiliki kesempatan untuk mengunjungi gedung unik ini. Gedung tersebut unik karena arsitekturnya yang seperti diputar oleh angin.


Turning Torso terletak di Malmo, kota sebelah barat daya Swedia. Malmo memiliki jarak terdekat dengan Kopenhagen, Denmark.


Dari sejumlah sumber, gedung ini memiliki tinggi 190 meter yang terdiri dari 54 lantai. Arsitektur gedung ini berputar 90 derajat dari bawah hingga lantai teratas.


Ada 147 unit apartemen di dalam gedung ini, dan ruang perkantoran dengan luas total 4.000 meter persegi.


Gedung ini dirancang oleh arsitek bernama Santiago Calatrava. Turning Torso pertama kali dibangun pada 14 Februari 2001 danselesai pada November 2005.


Penasaran bentuknya. Yuk lihat penampakannya dari luar, seperti foto berikut.













(dnl/ang)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Bagai Diputar Angin, Ini Dia Gedung Tertinggi di Swedia

No comments:

Post a Comment