Thursday, August 28, 2014

3 Negara Ini Berani Beli Biji Kopi Toraja Rp 450.000/Kg



Jakarta -Siapa bilang kopi Indonesia murah dan pasaran. Buktinya kopi Indonesia dijual dengan harga lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kopi lain yang dihasilkan dari negara lain seperti Brazil dan Vietnam.

Adalah kopi Toraja Sapan berhasil memecahkan rekor sebagai kopi termahal yang pernah dijual di lelang tahun 2012. Tiga negara tidak ragu membeli walaupun dalam bentuk biji kopi hijau alias masih mentah.


“Harganya US$ 45/kg, saat itu harga kopi rata-rata hanya US$ 6-8/kg. Yang beli saat lelang adalah Jepang, Taiwan dan Korea,” kata pemilik Anomali Coffee Irvan Helmi saat ditemui di Hotel Sahati, Ragunan, Jakarta, Kamis (28/08/2014).


Akibat harganya yang mahal, Toraja Sapan kini sejajar dengan kopi mahal lainnya seperti Kilimanjaro Coffee dan Columbia Supremo. Toraja Sapan masuk ke dalam jenis specialty coffee atau kopi spesial.


Di tahun ini, Indonesia kembali akan menyelenggarakan lelang kopi. Kali ini ada 144 sampel kopi spesial yang sedang diseleksi oleh juri dari internasional. Ke 144 kopi spesial itu berasal dari 13 daerah seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali hingga Papua Wamena. Komposisinya 105 adalah jenis kopi spesial arabika, 22 jenis kopi luwak dan 17 robusta.


Acara lelang tahun ini juga memunculkan jenis kopi spesial baru dari Indonesia seperti kopi Padang Solok dari Sumatera Barat, kopi Lombok dan Nusa Tenggara Barat dan kopi Benteng Alla dari Sulawesi Selatan. Diharapkan kopi yang akan dilelang nanti dijual jauh lebih mahal dari Toraja Sapen.


“Yang baru banyak sekali yaitu kopi Lombok masuk lelang dan nilainya tidak rendah loh. Adalnya dari lembah Gunung Rinjani. Buyer juga akan bertambah tidak hanya dari Korea, Taiwan dan Jepang tetapi dari Amerika, Australia dan Singapura,” jelasnya.



(wij/ang)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







3 Negara Ini Berani Beli Biji Kopi Toraja Rp 450.000/Kg

No comments:

Post a Comment