Sunday, August 31, 2014

Jelang Lengser, Mentan Suswono Klaim RI Swasembada Beras dan Jagung



Bogor -Sejak 22 Oktober 2009 atau hampir lima tahun Suswono menjabat sebagai Menteri Pertanian (Mentan) di Kabinet Indonesia Bersatu II.

Selama memimpin kementerian yang mengurus pertanian, perkebunan dan peternakan ini, Suswono mengklaim telah berhasil menorehkan sejumlah prestasi dan perubahan.


Salah satu yang menjadi catatannya adalah capaian swasembada beras dan jagung yang telah dicapai Indonesia.


“Kalau menurut definisi FAO (Food and Agricultural Organization) suatu negara bisa dikatakan swasembada kalau produksinya sudah 90% dari kebutuhan. Sementara saat ini produksi (beras) kita sudah surplus 6 juta ton setiap tahun,” tutur Suswono di Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor, Jawa Barat, Senin (1/9/2014).


Selain beras, Indonesia juga sudah berhasil mencapai status swasembada jagung. Hingga 2013, produksi jagung Indonesia telah mencapai 18,51 juta ton.


“Produksi jagung kita sudah sangat mencukupi. Tapi memang ada impor, tetapi tidak signifikan. Hanya yang untuk pakan ternak,” kata politisi PKS ini.


Ia menambahkan, bila dilihat secara menyeluruh, kementeriannya juga telah berhasil mendorong terciptanya neraca yang positif pada perdagangan produk pertaninan dan perkebunan. Ia menyebutkan ada surplus dari aktivitas ekspor dan impor komoditi pertanian dan perkebunan hingga Rp 220 triliunNext



(hen/hen)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Jelang Lengser, Mentan Suswono Klaim RI Swasembada Beras dan Jagung

No comments:

Post a Comment