Sunday, August 31, 2014

EKONOMI RIAU: Kuartal III, Pertumbuhan Diperkirakan 2,13%-2,99%





Logo Bank Riau-Kepri/JIBI











Bisnis.com, PEKANBARU—Kantor Wilayah Bank Indonesia Riau memperkirakan pertumbuhan ekonomi provinsi tersebut sepanjang kuartal ketiga tahun ini mencapai 2,13%-2,99% dari periode yang sama tahun sebelumnya.


Mahdi Muhammad, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Riau, mengatakan secara umum pertumbuhan ekonomi Riau pada kuartal ketiga tahun ini masih akan stabil seperti kuartal kedua. Apabila memasukkan unsur minyak dan gas bumi (migas), maka pertumbuhan ekonomi wilayah itu mencapai 2,13%-2,99%.


“Jika mengeluarkan unsur migas, kami memperkirakan pertumbuhan ekonomi Riau dapat mencapai 5,99%-6,54% dari periode yang sama tahun sebelumnya,” katanya di Pekanbaru, Minggu (31/8/2014).


Mahdi menuturkan permintaan domestik berupa konsumsi rumah tangga masih akan menopang pertumbuhan ekonomi Riau hingga September 2014. Apalagi, pada semester kedua tahun ini inflasi akan mengalami tren penurunan, karena telah melalui Ramadan dan Idul Fitri.


Menurutnya, tumbuhnya permintaan domestik itu juga akan menjadikan sektor perdagangan sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi Riau pada kuartal ketiga tahun ini.


Mahdi meminta semua pemangku kepentingan mewaspadai kondisi sumur minyak bumi dan minimnya curah hujan pada periode ini. Pasalnya, kondisi sumur minyak bumi yang tidak produktif dan minimnya curah hujan dapat menyebabkan pertumbuhan ekonomi Riau menyentuh batas bawah proyeksi atau downside risk.



Editor : Ismail Fahmi

























<!– THR dari Bisnis Indonesia: Berlangganan ePaper seumur hidup hanya Rp10 juta. Terbatas hingga 31 Juli, klik DI SINI!. –>









EKONOMI RIAU: Kuartal III, Pertumbuhan Diperkirakan 2,13%-2,99%

No comments:

Post a Comment