Wednesday, October 29, 2014

Usai Blusukan di Tol, Menteri Basuki Kunjungi Bendungan Terbesar Kedua RI



Cirebon -Usai blusukan di Tol Cikampek-Palimanan sepanjang 116 km, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera) Mochamad Basuki Hadimuljono langsung melanjutkan aksinya ke Bendungan Jati Gede, dan Tambak Garam Cirebon.

“Kita lanjut karena ada tanggung jawab PU Pera yang berhubungan dengan itu,” kata Basuki di Cirebon, Jawa Barat, Rabu (29/10/2014).


Untuk urusan Bendungan Jatigede, ia menjelaskan Kementerian PU Pera bertanggung jawab memastikan proyek ini dapat berfungsi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pengairan untuk sawah seluas 90 hektar di kawasan Cirebon, Jawa Barat.


Bila bendungan ini sudah beroperasi penuh, maka sawah tersebut dapat melakukan panen hingga dua kali dalam 1 tahun.


“Kalau nanti Jatigede sudah operasi, ini (sawah) bisa dua kali tanam. Sekarang baru satu tahun sekali karena hanya mengandalkan tadah hujan karena nggak ada penampungannya,” sebut dia.


Selama ini, lanjutnya, sawah ini hanya mengandalkan air dari Bendung Rentang, Jatitujuh yang tidak memiliki penampungan, sehingga air surut drastis bahkan kering saat musim kemarau.


“Sekarang ini dari Bendung Rentang, cuma nggak ada penampungannya. Jadi kalau kemarau airnya nggak ada jadi kering,” jelasnya.Next



(dna/dnl)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Usai Blusukan di Tol, Menteri Basuki Kunjungi Bendungan Terbesar Kedua RI

No comments:

Post a Comment