Friday, October 31, 2014

Proyek Chevron di Selat Makassar US$ 12 Miliar Akan Direvisi



Jakarta -Rencana proyek pengeboran gas bumi di Selat Makassar, Sulawesi Selatan, atau Indonesia Deepwater Development (IDD) PT Chevron Pacific Indonesia akan direvisi. Awalnya proyek ini direncanakan menelan biaya investasi US$ 6,9 miliar pada 2008 lalu, namun kemudian persetujuan Plant Of Development (POD) belum disetujui kemudian hingga pada 2013 nilai investasi ini meningkat menjadi US$ 12 miliar.

“Ini sedang kita ajukan kembali POD yang baru. Tapi kami belum tahu apakah nilai proyeknya meningkat atau turun, jika melihat nilai mata uang dan turunnya harga minyak mentah,” ujar Vice Presiden Policy, Goverment, and Public Affairs Chevron Pacific Indonesia Yanto Sianipar usai bertemu di Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (31/10/2014).


Perubahan nilai proyek tersebut sangat terkait erat dengan nilai cost recovery yang dikembalikan oleh negara ke Chevron manakala proyek tersebut berhasil.


“Tadi makanya kita juga bicara soal peninjauan kembali Production Sharing Contract (PSC). Pak JK juga melihat ada sistem cost recovery, kemudian perlu lebih pasti,” ungkapnya.


Proyek ini memiliki cadangan terbukti mencapai 3,2 triliun kaki kubik (Tcf) dan akan memberikan pendapatan bagi negara dengan nilai US$ 9,6 miliar setelah membayar cost recovery jika proyek tersebut berhasil.



(rrd/hds)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Proyek Chevron di Selat Makassar US$ 12 Miliar Akan Direvisi

No comments:

Post a Comment