Thursday, October 30, 2014

Bangun 3 Pelabuhan, Pelindo II Cari Utang Rp 12 Triliun



Jakarta -Untuk mendukung sektor kemaritiman Indonesia, PT Pelindo II bakal menggarap 3 proyek pelabuhan tahun depan. Pelabuhan itu ada di Sorong, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Barat.

Selain itu, BUMN ini juga bakal menerbitkan obligasi atau surat utang di April tahun depan, sebesar US$ 1 miliar, atau sekitar Rp 12 triliun.


Direktur Utama Pelindo II RJ Lino mengungkapkan, proyek-proyek tersebut rencananya akan mulai dilakukan pada triwulan III-2015, dan akan selesai dalam 2-2,5 tahun ke depan.


“Kita ingin bangun pelabuhan di Sumsel, Kalbar, dan Sorong. Sudah teken pinjaman US$ 1 miiar dari 7 bank asing. Tahun depan, sekitar April, kita akan terbitkan obligasi US$ 1 billion. Semuanya dimulai triwulan tiga tahun depan. Sekitar 2-2,5 tahun selesainya,” jelas Lino saat ditemui di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (31/10/2014).


Dia menjelaskan, untuk pembangunan pelabuhan di Sorong, Papua Barat nilai investasinya mencapai Rp 2 triliun dengan estimasi kapasitas daya tampung mencapai 500-600 TEUs per tahun. Kendala soal pembebasan lahan hutan sudah dibereskan.


“Sekarang masalah hutan sudah selesai. Yang di Sorong investasi Rp 2 triliun, estimasi kapasitas 500-600 TEUs,” kata dia.


Sementara untuk pelabuhan baru Kijing di Kalimantan Barat, nilai investasinya mencapai Rp 3 triliun. “Kalbar pelabuhan baru Kijing di laut. Investasi Rp 3 triliun. Itu di laut,” ujarnya.Next



(drk/dnl)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Bangun 3 Pelabuhan, Pelindo II Cari Utang Rp 12 Triliun

No comments:

Post a Comment