Friday, October 31, 2014

Harga BBM Mau Naik, Andrinof: Pemerintah Tak Grasak-grusuk



Jakarta -Dalam waktu dekat pemerintah akan menaikkan harga BBM subsidi. Sinyalnya, sebelum akhir 2015 akan dinaikkan. Namun pemerintah akan menyiapkan kebijakan ini dengan matang.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Andrinof Chaniago tidak mau menyebut kebijakan ini sebagai kenaikan harga BBM subsidi, namun mengalihkan subsidi BBM.


“Realokasi pengalihan. Kalau itu terjadi, subsidi itu dipindahkan ke masyarakat, ke orangnya langsung. Soal kapan dan berapa itu belum. Karena pemerintah berusaha mempersiapkan sematang mungkin,” jelas Andrinof.


“Karena pemerintah tidak mau grasak-grusuk. Kita ingin dampak negatifnya sekecil mungkin. Antisipasi ke masalahnya sesiap mungkin,” jelas Andrinof di kantornya, Menteng, Jakarta, Jumat (31/10/2014).


Dia mengatakan, pemerintah siap mengantisipasi gejolak bila harga BBM bersubsidi dinaikkan. Salah satu langkah yang akan diambil adalah penyediaan tiga jenis kartu ‘sakti’.


“Kami mengantisipasi kemungkinan kebijakan pengurangan itu dengan yang fokus kepada bagaimana mengamankan masyarakat di lapisan bawah, dan itu sudah disiapkan kartu Indonesia pintar, kartu Indonesia sehat, dan Kartu Kesejahteraan Keluarga dalam waktu dekat akan meluncur,” kata Andrinof.


Selain menyiapkan tiga jenis kartu untuk membantu masyarakat itu, ada usulan untuk memberikan kompensasi bagi mereka yang terkena PHK karena BBM naik, ataupun yang pengangguran. Langkah ini untuk mengurangi tingkat pengangguran.


“Kalau umpamanya diputuskan kenaikan BBM, ada juga diantisipasi dengan mengirim para pekerja yang terkena PHK itu apakah itu ke BLK (Balai latihan khusus), khususnya BLK yang bagus, politeknik atau ke tempat lain. Yang akan dilakukan adalah mengantisipasi. Intinya pemerintah akan fokus kepada kepentingan masyarakat miskin termasuk yang menganggur‎,” papar Andrinof.


Namun rencana ini belum pasti diputuskan, karena masih sebatas rencana dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional.


(zul/dnl)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Harga BBM Mau Naik, Andrinof: Pemerintah Tak Grasak-grusuk

No comments:

Post a Comment