Wednesday, October 29, 2014

Terancam Krisis Listrik, RI Perlu Bangun Pembangkit 25.000 MW



Jakarta -Indonesia diproyeksikan akan mengalami krisis listrik pada 2016. Pasokan listrik yang ada saat ini tidak cukup untuk menjangkau kebutuhan yang mencapai 5.000 Mega Watt (MW) per tahun.

Direktur Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia Joko Winarno mengungkapkan, untuk memenuhi kebutuhan listrik tersebut diperlukan pembangunan pembangkit baru. Setidaknya dalam 5 tahun ke depan, kebutuhan listrik Indonesia mencapai 25.000 MW. Dibutuhkan dana sedikitnya Rp 47 triliun agar target tersebut bisa tercapai.


Statement Pak JK (Jusuf Kalla, Wakil Presiden) kemarin di seminar ketenagalistrikan, akan membangun pembangkit listrik selama 5 tahun 25.000 MW. Kalau dikalikan US$ 1.500 per KW, kira-kira butuh Rp 47 triliun. Itu supaya rasio elektrifikasi mencapai hampir 100%, saat ini baru 75%,” paparnya dia saat ditemui di Menara Bank Mega, Jakarta, Rabu (29/10/2014).


Joko menjelaskan, jika kebutuhan tersebut tidak segera dipenuhi, tidak menutup kemungkinan Pulau Jawa akan terkena krisis listrik.


“Kita siap-siap 2016 akan krisis listrik karena proyek-proyek transmisi sudah tidak mampu menampung listrik. Butuh penampung baru,” kata Joko, yang juga Dewan Pembina Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia.


Di luar Jawa saja, kata Joko, krisis listrik sudah terjadi. Pemadaman listrik sudah menjadi pemandangan biasa.


“Di luar Jawa krisis karena kebanyakan masih banyak pakai diesel, begitu minyaknya mahal ya listriknya mati. Itu orang Medan, Lampung, hampir tiap hari demo karena lsitriknya mati,” kata Joko.


Untuk itu, lanjut Joko, pemerintah perlu mempercepat pembangunan pembangkit listrik. Kendala pembebasan lahan yang menghambat proses pembangunan perlu segera diatasi.


“Kita agak ketinggalan. Kita baru 10 ribu MW pada 2010 kemarin,” tandasnya.


(drk/hds)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Terancam Krisis Listrik, RI Perlu Bangun Pembangkit 25.000 MW

No comments:

Post a Comment